Tanah Longsor Timbun Rumah Warga di Desa Antapan Baturiti

Kondisi rumah warga tertimbun tanah longsor di Banjar Antapan, Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.
Kondisi rumah warga tertimbun tanah longsor di Banjar Antapan, Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Bencana tanah longsor menimpa rumah warga di Banjar Antapan, Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, pada Senin (22/4/2024).

Setengah bangunan rumah milik I Wayan Hapri Kartika Nata (60) tertimbun material longsor. Akibatnya korban untuk sementara waktu harus tinggal di tenda darurat BPBD Tabanan.

Kasi Humas Polres Tabanan Iptu Gusti Made Berata mengatakan, peristiwa ini terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah setempat pada Senin malam.

Baca Juga:  TP PKK Tabanan Bagikan PMT Kepada Lansia hingga Penderita Kanker

“Kejadiannya kemarin sekitar pukul 20.00 WITA dan baru dilaporkan ke Polsek Baturiti tadi pagi. Diduga karena tanah curam (tebing) yang berlokasi disebelah rumah korban tergerus air hujan hingga mengakibatkan tanah longsor dan menimbun setengah rumah korban,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (23/4/2024).

Berata menjelaskan, saat kejadian korban sedang duduk diluar rumah dan cuaca hujan deras. Lalu, korban melihat tanah tebing di sebelah rumahnya tergerus air hujan.

Baca Juga:  Operasi Patuh Agung Digelar 15-28 Juli 2024, Ini Jenis Pelanggaran yang Disasar

Tidak lama setelahnya, tiba-tiba tebing tersebut longsor kearah rumahnya disertai suara gemuruh. Akibatnya setengah bangunan rumah korban tertimbun material longsor.

“Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun, akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian kurang lebih Rp50 juta,” ungkapnya.

Berata menambahkan, dari hasil koordinasi dengan BPBD Tabanan, proses pembersihan akan dilaksanakan besok Rabu (24/4/2024) dengan gotong royong bersama Polsek Baturiti, Koramil Baturiti dan warga sekitar.

“Setelah melaksanakan koordinasi dengan dinas terkait, korban akan disediakan tenda darurat oleh BPBD Tabanan dan besok akan dilaksanakan gotong royong pembersihan,” imbuhnya. (ana)