Bupati Sanjaya Buka Kejuaraan Karate Antar Pelajar Se-Kabupaten Tabanan

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya membuka Kejuaraan Karate Pelajar tingkat SD, SMP, SMA/SMAK Se-Kabupaten Tabanan dalam memperebutkan Piala Ketua Umum FORKI Tabanan CUP II, yang digelar di GOR Debes Tabanan, Sabtu (20/4/2024).

Peran serta Pemerintah dalam mendukung prestasi Generasi Emas Tabanan untuk mampu bersinar dalam bidang olahraga, tak hanya dibuktikan oleh kehadiran yang ditunjukkannya secara berkesinambungan.

Namun, juga dengan banyaknya kesempatan yang dihadirkan bagi anak-anak di Tabanan untuk mengikuti ajang kejuaraan yang tentunya dapat membuka kesempatan untuk berkompetisi baik di lingkup Kabupaten hingga Provinsi, bahkan Nasional.

Saat itu juga nampak Sekda Tabanan, Para Kepala OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan dan Para Kepala Bagian di lingkungan Setda Tabanan, Camat Tabanan, Ketua UMUM KONI, Ketua Umum FORKI Bali, FORKI Tabanan, Perwakilan LEMKARI Tabanan dan Ketua Harian INKAI Tabanan, hadir memberikan dukungan langsung kepada para peserta yang penuh semangat di GOR Debes.

Kejuaraan Karate diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu 20-21 April 2024, dengan jumlah total peserta sebanyak 325 orang, terdiri dari peserta di tingkat SD sebanyak 170 orang, SMP sebanyak 115 orang, dan SMA sebanyak 40 orang. Kejuaraan tersebut nantinya akan memperebutkan piagam penghargaan dan juga piala.

Baca Juga:  Viral Pernyataan Ipat Berpasangan dengan Kembang, Tamba Ngaku Siap Beradu Program di Pilkada 2024

Pentingnya cabang olahraga Karate ini bagi Bupati Sanjaya, karena memiliki peranan yang cukup signifikan dalam membentuk sikap, mental, jiwa ksatria, sportifitas serta fisik anak-anak sebagai generasi penerus.

Sehingga nantinya mampu bersaing dalam menghadapi era globalisasi dan meminimalisir dampak perkembangan teknologi yang dapat mempengaruhi permasalahan karakter dan kesehatan mental.

Melalui latihan karate, anak-anak dididik untuk menjadi kuat, baik secara fisik maupun mental, sehingga nantinya menghasilkan generasi muda yang bermoral baik.

Melalui ajang ini diharapkan tidak hanya akan mendorong prestasi olahraga di Kabupaten Tabanan, namun juga untuk membangun sebuah karakter positif sejak usia dini, membangun karakter anak yang memiliki sikap pantang menyerah dan tentunya rasa bangga akan tanah kelahiran mereka di Tabanan.

Baca Juga:  Tabanan Bangun Tapal Batas di 3 Titik, Siapkan Anggaran Rp12 Miliar 

“Kalau saya pribadi dan juga sebagai Bupati Tabanan, melihat daripada olahraga di Kabupaten Tabanan sudah berlangsung luar biasa, tidak terlepas juga dari Ketua KONI yang selalu membuat event berbeda. Karena membuat sesuatu kalau mencari puncaknya itu harus dimulai dari bawah,”

“Ini yang saya lihat, salah satunya. Sekarang ini kita saksikan Kejuaraan Karate tingkat SD, SMP, SMA di seluruh Tabanan tujuannya adalah untuk menggali potensi anak-anak, untuk kesiapan diri,” jelas Sanjaya dalam wawancara singkat siang itu.

Pihaknya meyakini, kesiapan diri dibutuhkan untuk menghadapi kejuaraan-kejuaraan di lingkup yang lebih besar di masa mendatang. Mempersiapkan Generasi Muda Tabanan untuk membawa nama besar Tabanan di ajang perlombaan tingkat Provinsi dan Nasional.

Baca Juga:  Komunitas Seni Nyenit Nyenir Duta Badung Tampilkan Joged Bumbung Tradisi

“Ini saya lihat sebagai suatu langkah yang luar biasa, jadi sebagai Pimpinan Daerah di Tabanan, saya memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Mudah-mudahan event yang lain juga bisa terselenggara dengan baik,” imbuhnya seraya dan sangat berharap kegiatan selevel ini terus dikembangkan dan ditingkatkan di Kabupaten Tabanan guna mewujudkan generasi emas Tabanan.

Selaras dengan apresiasi yang diberikan oleh Orang Nomor Satu di Tabanan siang itu, I Gusti Made Suryantha Putra selaku Ketua Panitia, sampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan dan perhatian yang senantiasa diberikan Pemerintah serta mendukung terus program Bupati dan dapat melanjutkan kepemimpinan kembali kedepannya.

“Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran, dukungan yang tiada henti hingga perhatian yang terus diberikan oleh Pemerintah. Semoga selalu bisa menjadi semangat bagi anak-anak untuk terus berjuang membawa nama harum Tabanan, khususnya di bidang olahraga,” pungkasnya. (rls)