Dalam Sehari, Dua Pohon Tumbang Timpa Truk di Jalur Denpasar-Gilimanuk

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Dua kejadian pohon tumbang menimpa kendaraan terjadi di Jalur Denpasar-Gilimanuk pada Selasa (7/5/2024) dini hari.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan I Nyoman Srinadha Giri mengatakan, peristiwa pohon tumbang pertama terjadi di Jalan Denpasar-Gilimanuk termasuk Banjar Singin, Kecamatan Selemadeg, Tabanan sekitar pukul 00.55 WITA.

Pohon perindang jenis Mahoni dan Cemara tumbang menimpa truk tronton yang dikemudikan oleh Suyanto asal Mojokerto, Jawa Timur. “Pohon tumbang akibat ditabrak oleh truk tronton sendiri,” ujarnya.

Baca Juga:  TPA Mandung Masih Kepulkan Asap Tebal Jelang Tampung Sampah dari Denpasar

Beruntung sopir truk selamat dan tidak mengalami luka. Hanya saja truk mengalami kerusakan pada bagian kaca spion akibat tertimpa batang pohon.

Kemudian berselang beberapa jam sekitar pukul 04.30 kejadian pohon tumbang menimpa truk tronton kembali terjadi di Jalan Denpasar-Gilimanuk termasuk Desa Megati, Selemadeg Timur, Tabanan. Truk tersebut dikemudikan oleh Heri Supandi asal Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga:  Dua Kecamatan di Tabanan Dirancang Jadi Kawasan Terintegrasi Perkebunan dan Pariwisata

“Pohon tumbang adalah jenis mahoni akibat sudah lapuk. Beruntung sopir dalam keadaan selamat,” ungkap Srinadha Giri.

Ia menyebut, akibat kejadian tersebut, arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan selama beberapa jam karena dahan pohon melintang di badan jalan.

Kemudian, pihaknya pun menerjunkan tim Reaksi Cepat (TRC) regu 1 BPBD Tabanan untuk melakukan pembersihan kedua pohon.

“Pembersihan pohon sudah selesai dilakukan pagi tadi dengan dibantu oleh anggota kepolisian. Arus lalu lintas juga sudah kembali lancar,” imbuhnya. (ana)