27 Atlet Tabanan Lolos ke PON 2024

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tabanan I Made Nurbawa.
Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tabanan I Made Nurbawa.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Sebanyak  27 orang atlet dari 12 cabang olahraga (cabor) di Kabupaten Tabanan lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara.

Adapun rinciannya yakni cabor Atletik satu atlet, Pentanque lima atlet, Rugby enam atlet, Dansa dua atlet, Pencak Silat dua atlet, Woodball dua atlet, Bola Tangan satu atlet, Wushu tiga atlet, E-Sport satu atlet, Billiar satu atlet, Selancar Ombak satu atlet dan Dayung dua atlet.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tabanan I Made Nurbawa mengatakan, jumlah atlet yang lolos dalam PON XXI/2024 ini meningkat dari PON tahun lalu yang digelar di Papua.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Angkat Potensi Teh Gobo Desa Bongan

“Kalau dilihat dari induk organisasi, cabang olahraga dan atlet yang lolos meningkat 100 persen. Dimana atlet Tabanan yang lolos PON Papua tahun lalu hanya 13 orang dari 6 cabor,” jelasnya, Rabu (24/1/2024).

Ia mengaku, pada tahun ini Kabupaten Tabanan harusnya mengirimkan 13 cabor. Namun, satu atlet dari cabor Balap Motor mengundurkan diri karena tidak bisa mengikuti ajang perlombaan.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Apresiasi Kekompakan Masyarakat Melaksanakan Yadnya Bersama di Desa Kelating

“Balap motor sebenarnya lolos tetapi karena atletnya harus kuliah sehingga mengundurkan diri,” jelasnya.

Sementara saat ini, para atlet yang lolos sedang mengikuti training untuk mempersiapkan diri menuju PON XXI yang akan berlangsung pada 8 September mendatang atau sehari sebelum peringatan Hari Olahraga Nasional.

“Ada 6 bulan efektif yang dirancang untuk persiapan menuju PON tahun ini. Dimana 3 bulan pertama dilakukan di training center di masing-masing Kabupaten dan 3 bulan terakhir akan ditangani oleh Training Center KONI Bali,” jelasnya.

Menurut Nurbawa, setiap daerah penyelenggara atau tuan rumah PON memiliki tantangan dan persaingan yang berbeda.

Baca Juga:  Bungan Desa Ke-49, Bupati Tabanan Tonjolkan Ragam Potensi Unggulan Desa Tengkudak

Biasanya tuan rumah akan mendapatkan prioritas untuk mempertandingkan cabor unggulannya. Sehingga berdasarkan perhitungan maka tuan rumah pasti mendominasi di beberapa nomor cabor.

Meskipun demikian, pihaknya tetap optimis para atlet yang nantinya bertanding bisa memberikan hasil yang terbaik sehingga bisa mengharumkan nama Bali khususnya Kabupaten Tabanan. “Semoga para atlet bisa memberikan hasil yang terbaik,” harap Nurbawa. (ana)