Harga Babi Jelang Galungan Capai Rp40 Ribu Per Kilo, Peternak Masih Tak Dapat Untung

Ternak babi di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.
Ternak babi di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Harga babi di tingkat peternak menjelang hari raya Galungan dan Kuningan kini berada di kisaran harga Rp36 – Rp40 ribu per kilogram. Sedangkan di tingkat pedagang mencapai Rp80 – Rp85 ribu per kilogram.

Hal itu diungkapkan oleh seorang peternak babi di Desa Baru, Marga, Ketut Gede Jaya Ada. Menurutnya harga babi di tingkat peternak sebelumnya sekitar Rp35 ribu per kilogram. Namun sekarang sudah mencapai Rp40 ribu.

“Kenaikan harga sudah terjadi sejak seminggu lalu. Saat penampahan Galungan harga bisa naik lagi karena permintaan juga akan meningkat,” ujarnya, Minggu (25/2/2024).

Baca Juga:  Bupati Tabanan Apresiasi Semangat Gotong Royong Krama dalam Upacara Yadnya di Pura Puseh lan Bale Agung Desa Adat Pacung

Meskipun terjadi kenaikan harga, Gede Jaya mengaku, para peternak belum bisa mendapatkan keuntungan yang memuaskan. Sebab, harga pakan babi saat ini terus mengalami lonjakan hingga mendekati harga Rp600 ribu per sak.

“Misalkan, kalau harga babi Rp36 ribu per kilo, kami tidak dapat untung sama sekali. Yang diuntungkan hanya di tingkat pemotong saja,” paparnya.

Baca Juga:  Warung dan Gudang Rongsokan di Kediri Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik 

Sementara itu, mendekati Galungan Dinas Pertanian (Distan) melalui Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di masing-masing kecamatan akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap babi di sejumlah titik pemotongan.

“Mulai besok kami akan lakukan pemeriksaan di semua kecamatan,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan I Gede Eka Parta Ariana.

Ia menjelaskan, pemeriksaan akan dilakukan dengan dua tahapan yakni pemeriksaan antemortem sebelum hewan dipotong dan postmortem yang dilakukan setelah hewan dipotong dengan mengecek konsistensi daging dan kondisi organ tubuh seperti hati, paru-paru, jantung.

“Tujuannya memastikan kesehatan daging sebelum dikonsumsi oleh masyarakat,” sambungnya

Baca Juga:  PDIP Tabanan Usulkan Koster-Ace dan Koster-Giri dalam Pilgub Bali 2024

Terkait stok babi siap potong, Eka menyebut, untuk di Kabupaten Tabanan stoknya masih mencukupi untuk hari raya Galungan hingga Kuningan.

“Sebelumnya kami sudah melakukan pendataan di masing-masing kecamatan. Kami pastikan stok masih aman dan mencukupi,” ungkapnya. (ana)