Simak Rekomendasi Olah Raga yang Tepat saat Puasa

Joging, jenis olah raga yang cocok saat puasa. (Foto: halodoc)
Joging, jenis olah raga yang cocok saat puasa. (Foto: halodoc)

PANTAUBALI.COM – Memang tidak mudah untuk melakukan aktivitas fisik khusunya olah raga saat berpuasa. Sebab tubuh akan terasa lemas akibat kurangnya asupan makanan dan minuman. Jika dipaksakan, tubuh akan mengalami dehidrasi yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh.

Namun, berolah raga saat berpuasa sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Maka dari itu penting untuk memilih olah raga yang tepat saat berpuasa. Simak beberapa jenis olah raga yang direkomendasikan saat berpuasa dilansir dari halodoc.com.

1. Jalan Santai

Olah raga pertama yang direkomendasikan saat berpuasa adalah jalan santai. Aktivitas fisik ini sangat membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan jantung, otot dan tulang.

Jalan santai termasuk olah raga ringan sehingga tidak menyebabkan dehidrasi meskipun berkeringat.

Ada baiknya untuk melakukan jalan santai saat sore hari atau beberapa menit menjelang buka puasa.

2. Joging

Selain jalan santai, olah raga yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah joging. Namun lalukan joging dengan intensitas yang santai.

Waktu terbaik melakukan aktivitas fisik ini juga saat sore hari atau menjelang buka puasa. Disarankan juga untuk melakukan joging kurang lebih 30 menit sehari atau disesuaikan dengan kondisi tubuh.

3. Bersepeda

Olah raga selanjutnya yang sangat direkomendasikan saat berpuasa adalah bersepeda. Cukup bersepeda santai bersama keluarga atau teman di dekat rumah bisa menjadi pilihan tepat sebelum berbuka puasa.

Selain bisa membakat kalori dan lemak dalam tubuh, bersepeda juga dapat mengencangkan otot dan menyehatkan jantung. Tidak hanya itu, olah raga ini juga bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks.

4. Yoga

Yoga termasuk olah raga yang ringan dan tidak terlalu menguras energi. Karena gerakan yoga hanya fokus pada teknik pernapasan untuk meregangkan otot dan membuat otak menjadi rileks. Selain itu, setelah melakukan yoga, maka pikiran menjadi tenang dan memperbaiki kualitas tidur.

5. Pilates

Selain yoga, salah satu alternatif olah raga yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah pilates. Olah raga ini dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh masing-masing orang. Aktivitas fisik ini sangat membantu memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kekuatan otot dan menghilangkan stres.

6. Bowling

Olah raga bowling adalah olah raga yang bertujuan untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan tubuh.

Olah raga ini sangat cocok dilakukan saat menjalani puasa karena tidak membutuhkan banyak energi. Olah raga ini juga termasuk mengasyikkan dan bisa dilakukan bersama teman-teman.

7. Angkat beban

Angkat beban juga bisa menjadi pilihan olah raga yang tepat saat berpuasa. Pilihlah beban yang tidak terlalu berat agar tidak terlalu menguras energi. Lakukan gerak angkat beban secara perlahan untuk menghindari otot keram.

 

Itulah beberapa pilihan jenis olah raga yang bisa dilakukan selama berpuasa. Yang perlu diingat asalah perhatikan waktu yang tepat untuk olah raga agar tidak mengganggu puasa dan aktivitas seharian.

Usahakan atur jam olah raga baik saat pagi hari setelah sahur atau menjelang buka puasa agar risiko dehidrasi bisa dihindari.