TPA Mandung Mulai Uji Coba Pembuangan Sampah

Uji coba pembuangan sampah di TPA Mandung.
Uji coba pembuangan sampah di TPA Mandung.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Tempat Pembungan Akhir (TPA) Mandung mulai melaksakan uji coba pembuangan sampah sejak tujuh hari lalu. Hal ini dilakukan untuk melihat dan mengkaji kesiapan TPA bisa melakukan penampungan, Jumat (3/11/2023)

Kepala UPT TPA Mandung I Wayan Atmaja menjelaskan, TPA Mandung dalam masa pemulihan dan masih melakukan uji coba penampungan sampah sementara.

Setidaknya tiga sampai empat truk sudah bisa bersamaan untuk membuang sampah. Sementara, sampah dibuang di bagian timur TPA yang sudah tidak terbakar.

Baca Juga:  Edi Wirawan Serahkan Formulir Pendaftaran Wakil Bupati ke Kantor DPC PDIP Tabanan, Dikawal Ratusan Simpatisan 

“TPA Mandung belum bisa beroperasi, tapi kita lakukan uji coba selama tujuh hari dimulai dari tanggal 29 Oktober kemarin. Dan untuk saat ini sedang ada penataan landasan putar untuk mempermudah truk melakukan putar balik, sehingga mempercepat proses pembuangan,” terangnya

Dia menjelaskan pelaksanaan uji coba ini dibatasi waktu pembuangan sampah dari pukul 08.00 WITA hingga 11.00 WITA. Truk sampah yang bisa membuang ke sini selama masa uji coba adalah dari Kabupaten Denpasar dan Kabupaten Tabanan.

Baca Juga:  Disambar Petir, Pura Bima Sakti di Desa Beraban Terbakar

“Walaupun demikian masih ada sedikit api di bagian utara sehingga proses penyemprotan masih dilakukan dengan dua armada yang siaga setiap harinya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan jika uji coba ini berhasil dan api sudah padam sehingga status darurat sudah dicabut. “Kemungkinan baru bisa beroperasi lagi seperti biasa dari pukul 08.00 WITA sampai pukul 16.00 WITA,” imbuhnya. (jas)