Bupati Klungkung Akan Segera Realisasikan Balai Latihan Pemberdayaan Disabilitas Dan Lansia

Rencana Penempatan Balai Latihan dan Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia di Br. Siku Desa Kamasan.

KLUNGKUNG – Pantaubali.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung akan segera merealisasikan sebuah Balai Latihan dan Pemberdayaan di Br. Siku Desa Kamasan. Dengan memanfaatkan lahan dan gedung TK Hindu Dharma Widya, Balai Latihan dan Pemberdayaan ini nantinya akan difokuskan untuk melatih para lansia dan penyandang disabilitas. Hal ini disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat mengunjungi TK Hindu Dharma Widya di Br. Siku Desa Kamasan dan gedung bekas SD 4 Kamasan Senin (1/4).

Dibawah Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung  produk yang mampu dihasilkan dari pelatihan nantinya akan langsung dicarikan pasar untuk dijual. Perencanaan akan dimulai pada anggaran perubahan tahun 2019 sehingga pelaksanaan sudah bisa dimulai pada tahun 2020.

“TK Hindu Dharma Widya seluas 8 are ini memiliki dua buah gedung  yang terbagi menjadi 7 kelas serta tiga buah bangunan untuk mes guru selanjutnya akan direhab sehingga layak untuk dijadikan sebagai Balai Latihan dan Pemberdayaan bagi lansia dan penyandang disabilitas yang masih produktif. Selanjutnya TK Hindu yang memiliki 40 orang siswa akan digabung dengan TK Negeri Kamasan yang memiliki jumlah siswa sebanyak 100 orang, dengan memanfaatkan lahan bekas gedung SD 4 Kamasan yang memiliki luas 20 are di Br. Kacang Dawa, Desa kamasan.” Ujar Bupati Suwirta.

Ditambahkan, saat ini gedung bekas sekolah SD 4 Kamasan yang merupakan aset Pemda, untuk sementara masih digunakan sebagai kantor Desa Kamasan. Kedepan, diarea eks SD 4 Kamasan, akan dibangun gedung untuk PAUD dan TK hasil regrouping TK Hindu Dharma Widya dan TK Negeri Kamasan.

“Diawali dengan memberikan pelatihan dilanjutkan dengan memberikan pekerjaan, dengan begitu maka mereka akan focus bekerja. Dan kita utamakan Lansia dan Disabilitas, namun jika orang lain ingin ikut, silakan. Jika minat para peserta tinggi maka gedung akan kita tingkatkan.” ujar Bupati asal Nusa Ceningan.

Sementara itu Kepala Sekolah TK Hindu Dharma Widya, Nyoman Purani mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana ini. Dirinya akan sepenuhnya mendukung program ini demi kepentingan yang lebih besar. Dengan program ini diharapkan murid muridnya akan mendapatkan gedung baru yang lebih layak, mengingat saat hujan turun semua ruang kelasnya mengalami kebocoran serta fasilitas dan sarana bermain yang masih kurang.HUMASKLK/Jim