Asyik Berenang, WNA Qatar Tewas Terseret Arus di Pantai Kelingking

PANTAUBALI.COM, KLUNGKUNG – Seorang wisatawan Warga Negara Asing (WNA) laki-laki berumur 30 tahun asal Qatar ditemukan meninggal dunia setelah terseret arus di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, pada Selasa (18/6/2024).

Peristiwa nahas tersebut terjadi ketika korban bersama rekan lainnya asyik berenang di sekitar pantai.

Namun, sekitar pukul 13.00 WITA mereka terbawa ombak dan dua orang berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan korban tenggelam dan hilang.

Baca Juga:  Rumah Warga di Desa Kelating Terbakar Akibat Dupa, Kerugian Mencapai Rp175 Juta

Kejadian tersebut lantas dilaporkan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) pada pukul 14.00 WITA untuk permintaan bantuan evakuasi.

“WNA terseret arus saat berenang dan ditemukan dalam keadaan mengapung,” ujar Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida Cakra Negara.

Selanjutnya, Basarnas Bali memberangkatkan 5 orang personel dari Unit Siaga SAR Nusa Penida menuju lokasi kejadian.

Usai dilakukan koordinasi dengan pihak keluarga, disepakati untuk evakuasi melalui jalur udara.

Baca Juga:  Gedung GDLN Unud Sudirman Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Kemudian, Basarnas Bali berkoordinasi dengan pihak Helly Air Bali agar bisa segera mengevakuasi korban beserta rekan lainnya.

Pada pukul 16.50 WITA korban bersama temannya berhasil di evakuasi dari Pantai Kelingking dan dibawa menuju Hellypad Air Bali di Pelabuhan Benoa.

“Proses evakuasi berjalan lancar. Korban meninggal lantas dibawa menuju rumah Sakit Umum Bali Mandara Denpasar menggunakan ambulance RS. Bali Mandara,” imbuh Cakra.

Baca Juga:  Rumah Warga di Desa Kelating Terbakar Akibat Dupa, Kerugian Mencapai Rp175 Juta

Proses evakuasi turut melibatkan tim SAR gabungan dari Basarnas Bali (Unit Siaga SAR Nusa Penida), TNI AL, BPBD Klungkung, Polsek Nusa Penida, Klinik Nusa Medika, RS Bali Mandara dan masyarakat setempat. (ana)