Wagub Bali Menyebut Puri Salah Satu Simpul Budaya

78

PANTAUBALI.COM – Denpasar, Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menyampaikan, jika berbicara tentang budaya maka tidak bisa lepas dari simpul simpul budaya salah satunya adalah keraton atau puri.

Meskipun setelah kemerdekaan Republik Indonesia, puri atau keraton bukan lagi pusat Pemerintahan, tetapi peranan Puri sebagai pusat budaya, pusat seni dan juga pusat perekonomian masih berjalan dimana hal ini dapat kita lihat dari posisi puri yang terletak dekat dengan pasar sebagai pusat pergerakan perekonomian masyarakat.

“Ketika kita bicara tentang budaya maka kita juga akan berbicara tentang norma, perilaku serta hasil karya manusia berupa artefak”, cetusnya dalam menerima kunjungan kerja Komite III DPD RI dipimpin oleh Wakil Ketua II Komite III DPD RI Habib Ali Alwi di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Sabtu (21/1).

Dirinya menyampaikan, Perubahan-perubahan akan selalu terjadi dan perubahan akan mengubah perilaku dan nantinya akan mampu mengubah nilai-nilai norma diwariskan.

“Budaya bukanlah hal yang baru terjadi tetapi merupakan akumulasi adat istiadat yang dilakukan selama bertahun tahun yang berusaha kita pertahankan sehingga nantinya menjadi sebuah peradaban yang kita wariskan”, pungkas Cok Ace.(PB01)

Baca Juga:  Wagub Bali Usul Penambahan ‘Direct Flight’, Dongkrak Kunjungan Wisman China ke Bali