Pencarian WNA Terseret Arus di Diamond Beachwalk Dihentikan

PANTAUBALI.COM -Klungkung, Tim SAR gabungan telah melakukan operasi SAR selama 9 hari guna mencari 2 WNA terseret arus di Diamond Beachwalk, Nusa Penida, Selasa,(3/1). Area pencarian dimulai dari seputaran lokasi korban terseret arus, sampai ke Manta Point, Crystal Bay hingga perbatasan Selatan Lombok.

Kemudian SRU darat juga menyisiri seputaran pantai dan pemantauan dari atas tebing.

Keterangan dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, menyampaikan bahwa di hari ke 9 operasi SAR hasilnya masih nihil.

Baca Juga:  WNA Asal Amerika Tewas Tenggelam di Pantai Doble Six Seminyak

Dari awal, Basarnas Bali selalu berkomunikasi dengan pihak kerabat korban ataupun konsulat.

“Semuanya kooperatif memahami tugas kita dan menghargai regulasi yang ada di Indonesia, bagaimana pola serta batasan upaya-upaya pencarian yang dilakukan,”, ujarnya.

Tim SAR di lapangan terkadang mengalami kendala dengan kondisi cuaca dan gelombang tinggi, namun upaya-upaya pencarian tetap dilakukan semaksimal mungkin.

“Di hari terakhir operasi SAR, Rabu (11/1), bertempat di Semaya One Tamarind Beach dilakukan koordinasi dan evaluasi bersama unsur SAR lainnya, dan disepakati menutup dan menghentikan pencarian”, jelasnya.

Baca Juga:  Dua WNA Perempuan Asal Spanyol Jadi Korban Jambret di Pecatu

Sembari Dirinya menambahkan, Operasi SAR bisa kembali dibuka apabila ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

“Tim siaga Nasarnas Bali juga sudah melakukan pemapelan kepada kapal-kapal yang melintasi sekitar perairan Nusa Penida, apabila ada penemuan wajib melaporkan hal tersebut kepada Basarnas Bali”, tutupnya.