Bupati Suwirta Hadiri Puncak Mupuk Karya Agung di Pura Dasar Buana Gelgel

KLUNGKUNG – Pantaubali.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta menghadiri Puncak Mupuk Karya Agung Pura Dasar Buana lan Kahyangan Desa Adat Gelgel Warsa 2020 yang bertempat di Pura Dasar Buana Desa Gelgel, Klungkung Senin, (24/2/2020) Siang. Turut hadir Ida Dalem Semaraputra, tokoh puri serta para pemedek.

Bupati Suwirta berharap seluruh rangkaian Mupuk Karya Agung ini bisa berjalan dengan lancar dan seluruh pengempon karya bisa terus menjaga semangat tulus ikhlas untuk ngayah di Pura. “Jaga semangat gotong-royong ngayah dengan baik dan selalu perkuat menyama braya,” harap Bupati Suwirta

Baca Juga:  Asyik Berenang, WNA Qatar Tewas Terseret Arus di Pantai Kelingking

Sementara itu, Menurut Panitia Karya Dewa Ketut Soma menyampaikan Acara Mupuk Karya Agung ini digelar setelah setahun pelaksanaan Karya Tawur Agung Panca Wali Krama, Penyejeg Gumi lan Padanan, Pengebek, Penegteg Jagat, Piodalan dan Mapeselang di Pura Dasar Buana, Desa Adat Gelgel.

Total ada sepuluh sulinggih yang muput puncak Karya Agung ini, masing-masing sulinggih tersebut antara lain yakni Ida Pedanda Gde Jumpung Putra Kaniten dari Griya Jumpung Kamasan, Ida Pedanda Istri Anom dari Griya Dawan Klod, Ida Pedanda Gde Wayan Darma dari Griya Wanasari Karangasem. Sisanya dua sulinggih muput di Pura Bale Agung, antara lain Ida Pedanda Gde Rai Pidada dari Griya Sengguan dan Ida Pedanda Gde Wana Yoga dari Geria Wanasari.

Baca Juga:  Asyik Berenang, WNA Qatar Tewas Terseret Arus di Pantai Kelingking

Sementara di Pura Melanting dipuput Ida Pedanda Gde Karang Putra Kaniten dari Griya Satria Kangin. Selain itu, adapaun dudonan karya yang sebelumnya dilaksanakan yaitu matur piuning, mekarya sunari lan pindekan pada Saniscara Paing Warigadean, 1 Februari 2020, Nyuci, Ngingsah, Negtegang Beras, Ngunggahan Sunari lan Pindekan, Mebanten Pengalang bilang bucu, Ngawitin Ngoreng lan Nyuarayang Katungan pada Anggara Kliwon Julungwangi, 4 Februari 2020 dan Nedunang Ida Batara pada Redite Wage Kuningan, 23 Februari kemarin.(humasklk/puspa).