Peringatan Hari Korpri ke-48 dan Hari PGRI Tahun 2019 di Lapangan Puputan Klungkung

KLUNGKUNG – Pantaubali.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung menjadi Inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari Korpri ke-48 dan Hari PGRI Tahun 2019 di Lapangan Puputan Klungkung Jumat, (29/11/2019) Pagi.

Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan saat ini kita berada di dunia yang berubah dengan cepat yang sangat berbeda dengan dua puluh tiga tahun lalu. Revolusi industri jidil ke-4 telah mendisrupsi segala lini kehidupan, bukan hanya cara dalam berkomunikasi tapi juga dalam cara mengelola pemerintahan. Di sisi lain persaingan antarnegara juha semakin sengit untuk berebut teknologi, berebut pasar dan memperebutkan talenta-talenta hebat yang digunakan untuk memajukan negaranya. Karena itu, saya mengajak seluruh anggota Korpri untuk mengambil jalan perubahan melakukan reformasi secara berkelanjutan. Tidak lagi ada pola pikir lama, tidak ada lagi ada kerja linier dan tidka lagi kerja rutinitas. Birokrasi harus berubah kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja cepat beradaptasi dengan perubahan.  “Saya mengajak seluruh anggota Korpri untuk terus menerus bergerak mencari terobosan, terus menerus melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan menyulitkan rakyat harus kita pangkas kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi,” ujar sambutan Presiden RI yang dibacakan Sekda I Gede Putu Winastra.

Lebih lanjut ditambahkan Orientasi birokrasi harus betul-betul berubah, bukan lagi berorientasi pada prosedur tetapi lebih berorientasi pada hasil nyata. Panjangnya rantai pengambilan keputusan juga harus bisa dipotong, dipercepat dengan cara penerapan teknologi. Bahkan saya sudah minta eselon 3 dan 4 untuk ditiadakan, sehingga pengambilan keputusan bisa lebih cepat. Hal yang pahit harus kita lakukan karena di era persaingan antar negara yang semakin sengit.

Baca Juga:  Melalui Posyankumhamdes, Sengketa Batas Tanah di Desa Aan Klungkung Berakhir Damai

Sementara itu, dalam sesi wawancara Sekda Winastra menyampaikan tema Hut Korpri tahun ini yakni “Kita bekerja melayani dan menyatukan bangsa”. Memperingati HUT Korpri sudah berbagai kegiatan kita laksanakan selama satu bulan ini di Kabupaten Klungkung antara lain sosialisasi mencegah tangkal, radikalisme kemudian beberapa kantor juga dilaksanakan yang berkaitan dengan kegiatan kantor. ” Jadi selama sebulan penuh ini kita mencoba untuk memakai pakaian Korpri untuk merasakan, mengingatkan kembali bahwa pengabdian kita masih panjang masih memerlukan inovasi dan kreatifitas didalam menghadapi  tantangan perubahan global sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI kita harus terus berinovasi, kita harus maju untuk bisa memenangkan persaingan global ini,” harapnya.

Sedangkan di Hut PGRI ini diharapkan guru bisa merubah paradikma baru untuk mengajak partisipasi anak dimana belajar dengan alam maupun dengan perubahan ilmu teknologi. “Untuk peringatan HUT Korpri tahun ini, melalui inovasi Pemkab Klungkung yakni memberikan perangkat apelnya perempuan Korpri, wah ternyata perempuan-perempuan Korpri di Pemkab Klungkung semangatnya sangat luar biasa tidak kalah dengan  yang pria,” ungkap Winastra.

Baca Juga:  Melalui Posyankumhamdes, Sengketa Batas Tanah di Desa Aan Klungkung Berakhir Damai

Diakhir apel, Sekda I Gede Putu Winastra didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Klungkung I Komang Susana memberikan kenang-kenangan dan penghargaan kepada anggota Korpri yang menjalani masa pensiun TMT 1 Oktober dan 1 November 2019.(Humasklk/puspa).