Rayakan HKN ke-55, Bupati Suwirta launching program Inovasi bidang kesehatan

KLUNGKUNG – Pantaubali.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri Gebyar HKN ke-55 tahun 2019 bertempat di Depan Monument Puputan Klungkung pada Minggu (17/11/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung Dr. Ni Made Adi Swapatni melaporkan Gebyar Hari Kesehatan Nasional (HKN) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 12 Nopember 2019, dimana dalam memperingati HKN ke-55 ini Dinas Kesehatan sudah mengadakan berbagai kegiatan diantaranya Lomba Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang diikuti oleh Seluruh Jajaran Dinas Kesehatan baik itu Puskesmas, Rumah Sakit dan Sekolah Kesehatan SMK Panca Atma Jaya, kemudian selanjutnya diadakan bakti sosial kesehatan yang bertempat di Desa Pesinggahan dengan bekerjasama dengan keluarga besar Fisiotherapy, serta di tempat lainnya. Dalam kegiatan Gebyar HKN ini diisi dengan launching beberapa inovasi di bidang kesehatan.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan, Sehat merupakan kebutuhan, Sehat akan terasa mahal jika kita dalam keadaan sakit, dan akan terasa murah apabila kita berada dalam keadaan sehat.

Baca Juga:  Melalui Posyankumhamdes, Sengketa Batas Tanah di Desa Aan Klungkung Berakhir Damai

“Masyarakat Klungkung harus menjadi pahlawan kesehatan bagi dirinya sendiri”, ajak Bupati Suwirta.

Menjadi pahlawan bagi diri sendiri dengan membiasakan melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Yakni dengan cara Olahraga yang cukup, makan makanan bergizi, tidak merokok, seks bebas, dan budayakan pola-pola hidup sehat lainnya.

Bupati Suwirta mengajak Masyarakat Klungkung untuk mengendalikan Pikirannya sendiri, demi mewujudkan Kesehatan suatu hal yang murah dan mudah.

Bupati Suwirta mengingatkan mari budayakan hidup sehat. Berkaitan dengan hal itu, maka Pemkab Klungkung melalui Dinas Kesehatan akan melaunching 5 program inovasi dibidang kesehatan, diantaranya DORKESMAS.

Baca Juga:  Melalui Posyankumhamdes, Sengketa Batas Tanah di Desa Aan Klungkung Berakhir Damai

Dengan Inovasi DORKESMAS ini yang ditunjang oleh SDM dan peralatan yang memadai dan Kendaraan Kesehatan, maka seluruh masyarakat Klungkung sampai ke daerah pelosok akan didatangi dan dilayani sesuai wilayah puskesmas masing-masing , terutama bagi masyarakat yang tidak mampu ke Puskesmas.

“Semoga dengan DORKESMAS ini dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat di Klungkung, Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia,” harap Bupati Suwirta.

Mari gelorakan setiap hari dalam diri masing-masing gerakan masyarakat hidup Sehat, dan Kunci diri kita dengan Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif, ajak Bupati Suwirta.

Seusai memberikan sambutan, Bupati Suwirta melaunching berbagai Inovasi di bidang Kesehatan diantaranya, Datangi Obati Rawat Kesehatan Masyarakat  (DORKESMAS), Pos Pelayanan Terpadu Jiwaku Sejahtera (POSYANDU JUWARA), Cegah Stunting dengan Jumat Sabtu Minum Tablet FE (CETING JUS FE), Cara Masyarakat menuju deklarasi stop buang Air Besar Sembarangan (Camat Mas), Aplikasi Kepuasan Masyarakat (SIPUMA).

Baca Juga:  Melalui Posyankumhamdes, Sengketa Batas Tanah di Desa Aan Klungkung Berakhir Damai

Dalam Acara Tersebut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan diantaranya jalan Sehat yang mengambil rute start dimulai dari depan monument menuju ke jalan Puputan, kemudian belok Kanan menuju Banjar Ayung, kearah barat kemudian pertigaan Puskemas Semarapura Klod kearah utara kemudian finish di Lapangan Puputan Klungkung.

Turut Hadir dalam acara tersebut Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali Dr. Anak Agung Sagung Mas Dwipayani, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung AA Gde Anom, dan seluruh Kepala OPD Dilingkungan Pemkab Klungkung, serta undangan terkait lainnya. (humasklk/Cok).