Sekda Winastra Berharap Semangat Gotong-Royong Masyarakat Untuk Membangun Desa Selalu Dijaga Dengan Baik

KLUNGKUNG – Pantaubali.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung menghadiri Kunjungan Tim TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Wasev ke-105 Tahun Anggaran 2019. Kegiatan tersebut bertempat di Balai Desa Adat Nyanggelan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Senin (29/7/2019) Sore.

Tujuan dari kegiatan kunjungan ini yakni untuk mengetahui seberapa jauh proses pengerjaan secara langsung dilapangan. Selain mengunjungi proses pengerjaan, Pangdam IX Udayana Mayor Jendral Benny Susianto, S.I.P didampingi Dandim 1610 Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, Camat Banjarangkan I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya juga menyerahkan bantuan kepada warga miskin.

Dandim 1610 Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon memaparkan program TMMD ke-105 tahun anggaran 2019 akan mengerjakan pembukaan jalan sepanjang 2,2KM dengan lebar 5 M di Desa Nyanglan, kecamatan Banjarangkan. Anggaran berasal dari Pemkab Klungkung sebesar Rp 1 miliar dan dari KODIM 1610 sebesar Rp 300 juta rupiah. Jalan baru ini nantinya akan membuka akses transportasi darat Desa Nyanglan menuju desa Tihingan Kecamatan Banjarangkan. Selain itu pengerjaan jalan ini akan membuka akses jalan menuju Air Terjun yang diberi nama Air Terjun Tirta Tiyasa Udayana. Air terjun ini kedepan akan dikembangkan menjadi objek wisata.

Letkol Czi Paulus Joni Simbolon menambahkan kegiatan TMMD tidak hanya focus pada pembangunan badan jalan, namun juga melakukan pemberian bantuan pembuatan dua buah jamban dan bedah rumah milik salah satu warga miskin bernama Nyoman Arga di desa setempat. Seluruh pembangunan melibatkan 150 orang personel dari unsure TNI, POLRI dan warga sekitar mulai ttanggal 10 juli hingga 8 Agustus 2019. “Proses pengerjaan sampai saat ini sudah mencapai 85 % target sebelumnya hari ini semestinya selesai 81 % tetapi sudah melebihi target, mudah-mudahan bisa selesai tepat pada waktu yang sudah ditentukan,” Ujar Dandim 1610 Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon.

Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra menyampaikan semoga dengan adanya TMMD ini bisa membantu akses jalan khusunya yang ada di Desa Nyanggelan. Dengan pembukaan akses jalan ini diharapkan komoditi pertanian dan mobilitas penduduk bisa seperti desa lainnya yang lebih maju. Menurutnya ini merupakan salah satu program dalam pemberdayaan masyarakat seperti yang tengah gencar dilakukan Pemkab Klungkung. “Meskipun masih suasana hari raya, semoga pengerjaan kegiatan ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya dan selesai tepat pada waktunya,” Harap Sekda I Gede Putu Winastra.

Sementara itu, Pangdam XI Udayana Mayor Jendral Benny Susianto, S.I.P dalam wawancaranya menyampaikan kegiatan TMMD ini harus dijadikan momentum untuk memupuk semangat gotong-royong membangun desa. “Dengan adanya kegiatan TMMD ini partisipasi masyarakat diharapkan lebih semangat bergotong-royong untuk membangun desa,” Ujarnya (Humasklk/puspa).