Bupati Klungkung Motivasi Calon Pekerja, Keluar Negeri Dari Keluarga Miskin

KLUNGKUNG – Pantaubali.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan motivasi dan pembekalan kepada para calon pekerja keluar negeri dari keluarga miskin di ruang rapat kantor Dinas Ketahanan Pangan, Rabu (29/5).

Para calon pekerja yang berjumlah 20 orang ini diberikan motivasi sebelum diberangkatkan menuju Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) di  Nusa Dua, Badung guna mengikuti pendidikan dan pelatihan selama sebulan serta dilanjutkan dengan program magang atau job training di hotel selama tiga bulan.

Dalam amanatnya Bupati Suwirta menyatakan sempat terkesima dengan penampilan para peserta yang sudah tampil bersih dan rapi dengan seragam putih bertuliskan “Berikan Aku Kail, Bukan Ikan”. “ saya benar benar terkesima dengan penampilan semua yang sudah tampil rapi bersih berbeda sekali seperti saat  pertama kali dikumpulkan, tetaplah seperti ini sehingga akan memberikan kesan baik terhadap orang lain,” ujar Bupati Suwirta.

Selain menjaga penampilan untuk tetap bersih dan rapi Bupati Suwirta juga mengingatkan seluruh peserta didik untuk semangat, jengah namun tetap metilesang dewek atau rendah diri. Para peserta diharapkan belajar bertutur kata dan berperilaku yang baik dan sopan serta belajar dengan tekun sebagai bekal untuk bekerja negeri orang.

Sebagai pionir dalam program ini Bupati asal Nusa Ceningan ini juga meminta para peserta untuk bersungguh sungguh menjalani semua pelatihan, dengan begitu akan menjadi produktif dan dihargai sehingga bisa menunjukan keberhasilan dan bangkit dari kemiskinan.

“Saya ingin sekali melihat kalian cepat cepat berangkat keluar negeri, dan kembali pulang dengan membawa kisah keberhasilan sehingga bisa menjadi contoh dan teladan bagi anak  anak muda utamanya dari keluaga miskin,”ujar Bupati Suwirta.

Ditambahkan, pada tahap selanjutnya diharapkan akan lebih banyak lagi peserta yang ikut program ini sehingga bisa mengangkat derajat ekonomi keluarga dan dapat mengurangi kemiskinan di Kabupaten Klungkung.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Drs. Gede Kusuma Jaya mengatakan, program Kerja Keluar Negeri Bagi Keluarga Miskin ini merupakan ide Bupati Klungkung Inyoman Suwirta. Program ini digagas berkat temuannya saat melakukan program Bedah Desa, dimana banyak ditemukan KK Miskin yang memiliki anggota keluarga dengan tubuh yang sehat dan memiliki potensi untuk untuk  mengangkat derajat ekonomi keluarga.

Pada tahap perdana ini, peserta yang lolos berjumlah 20 orang terdiri dari 2 orang wanita dan 18 laki laki. Saat ini seluruh peserta tengah mengikuti pelatihan bahasa inggris selama sebulan di Klungkung. Selanjutnya akan diberangkatkan menuju STP Nusa Dua untuk mengikuti pendidikan selama sebulan dilanjutkan dengan program magang atau job training di hotel selama tiga bulan. Diakhir tahun 2019 seluruh peserta diharapkan sudah diberangkatkan untuk bekerja ke luar negeri baik di kapal pesiar maupun hotel didarat. Seluruh pembiayaan dari program ini ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung.

Turut hadir dalam pembekalan tersebut Perwakilan Ketua STP Bali, Wayan Sunarsa dan Dosen Bahasa Inggris Ibu Juli.