Wabup Kasta Tinjau Jebolnya Saluran Irigasi Subak Desa Akah

Wabup Klungkung Tinjau jebolnya saluran irigasi Subak Desa Akah

KLUNGKUNG – Pantaubali.com – Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta meninjau jebolnya saluran irigasi Subak Desa Akah Tempek Pekarangan yang bertempat di lingkungan Banjar Sangging, Desa Pakraman Akah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Rabu (27/3/2019). Dalam peninjauannya tersebut turut hadir Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida, Kepala Desa Akah I Nyoman Sujati serta warga masyarakat setempat.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyampaikan setelah melihat situasi dilapangan untuk kedapan pihaknya sudah langsung menugaskan dinas terkait untuk mengkaji agar saluran irigasi subak ini bisa cepat diperbaiki. “Saya sudah tugaskan dinas terkait terlebih dahulu memasang pipa dam semoga tidak ada halangan agar air cepat bisa kembali mengalir,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup Kasta meminta agar para anggota subak maupun warga masyarakat yang rumahnya dekat dengan jebolnya saluran irigasi tersebut bisa lebih berhati-hati melihat situasi dilokasi masih sangat rawan. “Para anggota subak maupun warga yang berada dekat dengan lokasi jebolnya saluran irigasi ini tetap selalu berhati-hati,” harapnya.

Sementara itu, Kelian Subak Desa Akah I Wayan Sukra mengatakan saluran irigasi jebolnya subak ini terjadi pada pukul 21.00 wita  tanggal 9 September 2018 lalu dengan panjang saluran irigasi subak 40 meter. “Jebolnya saluran irigasi subak ini terjadi pada pukul 21.00 wita tanggal 9 September 2018 lalu,” ujarnya.

Selain itu, I Wayan Sukra juga menambahkan sudah selama 6 bulan pasca setelah terjadinya jebol subak tempek pekarangan ini sama sekali tidak berfungsi dan tidak bisa mengairi lahan sawah dengan luas 12 haktare. “Sudah 6 bulan lahan subak ini tidak bisa mengairi lahan pertanian, semoga kedepan pemerintah bisa mengkaji lebih lenjut agar saluran irigasi subak ini bisa kembali beroperasi,” harapnya. (Humasklk/puspa).