Pembukaan PKB XLVI Kabupaten Tabanan Berlangsung Meriah

Pergelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI tingkat Kabupaten Tabanan, Sabtu (8/6/2024).
Pergelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI tingkat Kabupaten Tabanan, Sabtu (8/6/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI tingkat Kabupaten Tabanan yang digelar di Panggung Terbuka Garuda Wisnu Singasana Tabanan berlangsung meriah, Sabtu (8/6/2024) malam.

Ribuan masyarakat tampak antusias menyaksikan pembukaan PKB Tabanan yang dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni menarik seperti Sekaa Gong Kebyar Anak-Anak, Sekaa Gong Kebyar Wanita, dan Sekaa Gong Kebyar Dewasa.

Beberapa penampilan lain yang turut mengisi acara antara lain Tari Jayaning Singasana AUM oleh Gong Kebyar Wanita, Tari Pendet Pangkung oleh Gong Kebyar Anak-Anak, Tari Kekebyaran oleh Gong Kebyar Dewasa, Dramatari Dolanan oleh Gong Kebyar Anak-Anak, Sandyagita oleh Gong Kebyar Wanita, dan Fragmentari oleh Gong Kebyar Dewasa.

Baca Juga:  Marga Festival Marhen 2024, Wadah untuk Kenalkan Potensi Desa dan Wisata Kecamatan Marga

Selain itu, juga terdapat pameran lukisan dan kerajinan serta stand-stand kuliner yang menarik.

Pesta Kesenian Bali ke-46 tahun 2024 yang mengusung tema ‘Jana Kerthi: Paramaguna Wikrama’ bermakna harkat martabat manusia unggul, memiliki filosofi tema yang erat kaitannya dengan visi Pemerintah Kabupaten Tabanan yaitu ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani (AUM)’.

Baca Juga:  Dukung Produktivitas Petani, Pemkab Tabanan Bersama Kelompok Wanita Tani Dukuh Mesari Tanah Bibit Cabai

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama jajaran hadir langsung untuk membuka pesta PKB tingkat Kabupaten Tabanan.

“Tanggal 15 Juni ini merupakan pembukaan PKB di Provinsi Bali, sebelum pembukaan, PKB kita selenggarakan dulu di Kabupaten, sehingga duta-duta yang akan mewakili Kabupaten Tabanan ini pentas dulu di Kabupaten Tabanan,” ujar Sanjaya.

Sanjaya meminta kepada seluruh stakeholder dalam bidang seni dan budaya untuk mengambil tanggungjawab bersama dalam melestarikan adat dan budaya warisan dari para leluhur.

“Karena itu sekali lagi, saya katakan secara pribadi maupun selaku Bupati dan Pemerintah Kabupaten Tabanan tetap berkomitmen guna mendukung pelestarian seni budaya di Kabupaten Tabanan,” tegasnya.

Baca Juga:  Angkat Cerita Gugurnya I Gusti Ngurah Rai dalam Peed Aya PKB ke-46, Duta Kabupaten Badung Sukses Pukau Penonton 

Kepala Dinas Kebudayaan I Made Yudiana menambahkan, pelaksanaan PKB di Kabupaten Tabanan ini berlangsung selama dua hari mulai 8 – 9 Juni 2024.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati atas inisiasi dan pendanaan yang telah diberikan untuk penyelenggaraan PKB ini serta kepada semua pihak yang telah berpartisipasi,” ucapnya. (ana)