Imigrasi Ngurah Rai Pasang 30 Autogate Baru di Bandara Ngurah Rai

Pemasangan mesin Autogate baru di Bandara Ngurah Rai.
Pemasangan mesin Autogate baru di Bandara Ngurah Rai.

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mulai memasang mesin autogate tambahan di terminal kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Setidaknya akan dipasang sebanyak 30 autogate tambahan, yang ditempatkan pada terminal kedatangan internasional. Sebelumnya, sebanyak 30 autogate yang telah diresmikan oleh Dirjen Imigrasi pada awal Maret lalu.

Sehingga total akan terpasang 60 autogate di terminal kedatangan internasional. Pekerjaan pemasangan sudah dimulai sejak Minggu (24/3/2024) dan diperkirakan akan selesai pada akhir Juni 2024.

Baca Juga:  Dinas Perikanan Badung Bagikan 1500 Paket Ikan Segar dalam Kegiatan GEMARIKAN

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Suhendra menyampaikan, pemasangan autogate ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik dan kelancaran lalu lintas serta pemeriksaan keimgrasian bagi pelaku perjalanan internasional.

“Kurang lebih tiga bulan untuk proses pengerjaanya, kami targetkan awal Juli 2024 sudah dapat digunakan oleh para penumpang. Oleh karena itu, kami mohon maaf kepada para penumpang atas ketidaknyamanan yang mungkin muncul di area imigrasi selama proses pengerjaan pemasangan autogate,” terangnya.

Suhendra memastikan pemeriksaan keimigrasian tidak akan terganggu dan tetap berjalan optimal, sebab seluruh konter pemeriksaan reguler tetap dibuka dan 30 unit autogate juga tetap bisa digunakan.

“Dengan penggunaan autogate, diharapkan lalu lintas pemeriksaan keimigrasian menjadi semakin efektif dan efisien. Saat ini autogate dapat digunakan bagi penumpang WNI (semua jenis paspor) dan WNA (paspor elektronik) pemegang E-VOA, E-Visa, KITAS, KITAP, serta negara subjek BVK yang sudah melakukan registrasi pada laman evisa.imigrasi.go.id.,” tutup Suhendra.

Baca Juga:  Pamit Pergi Service Motor, Kasmadi Ditemukan Tewas di Kuburan Badung

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Romi Yudianto mengungkap dalam meningkatkan efisiensi, penambahan pemasangan Auto Gate ini merupakan langkah penting layanan publik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

“Meskipun sedang berlangsung pemasangan autogate, kami pastikan bahwa pemeriksaan keimigrasian akan tetap berjalan optimal dengan semua konter pemeriksaan reguler tetap dibuka secara maksimal dan 30 unit autogate juga tetap beroperasi” kata Romi.

Baca Juga:  2 Gudang Terbakar di Peguyangan Akibat Korsleting Listrik, Kerugian Capai 500 Juta

Romi juga berharap, dengan penggunaan autogate, lalu lintas pemeriksaan keimigrasian akan semakin efektif dan efisien untuk kenyamanan para penumpang.  (jas)