Antisipasi Aksi Premanisme, Polres Badung Kembali Gelar Patroli Gabungan Yustisi

Polres Badung menggelar patroli gabungan yustisi di Desa Canggu dan Desa Tibubeneng, wilayah Kecamatan Kuta Utara, Badung, Kamis (19/1/2024).
Polres Badung menggelar patroli gabungan yustisi di Desa Canggu dan Desa Tibubeneng, wilayah Kecamatan Kuta Utara, Badung, Kamis (19/1/2024).

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Dalam rangka menyikapi kejadian di wilayah Kabupaten Badung maupun wilayah lain yang akhir-akhir ini kerap terjadi gangguan Kamtibmas, Polres Badung kembali menggelar patroli gabungan yustisi, Kamis (19/1/2024) mulai pukul 17.00 WITA.

Patroli kali ini dilakukan di Desa Canggu dan Desa Tibubeneng, wilayah Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, dan dipimpin langsung oleh Wakapolres Badung Kompol I Made Pramasetia.

Dari 316 orang di periksa di 4 lokasi proyek pembangunan villa, apartemen, hingga restoran, ditemukan dua orang tanpa identitas atas nama Roy Jordi, asal Probolinggo, dan Ahmad Cahyadi asal Banyuwangi.

Baca Juga:  Tiga Pelaku Pencabulan Remaja 14 Tahun di Jembrana Dibekuk Polisi, Satu Diantaranya Kekasih Korban

Wakapolres Kompol I Made Pramasetia seijin Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono mengatakan kegiatan penertiban penduduk pendatang (Duktang) ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah tindakan melawan hukum (premanisme) yang dapat mengganggu Kamtibmas di wilayah Polres Badung.

Selain itu Sidak ini untuk mengetahui keberadaan penduduk yang tinggal sementara di wilayah Polres Badung khususnya wilayah pedesaan, guna ketertiban administrasi kependudukan.

Baca Juga:  KPU Bali Targetkan Partisipasi Pilkada 2024 Capai 75 Persen

“Dalam operasi ini kami bekerjasama dengan pihak terkait seperti TNI, Kepala Desa, Pecalang/Bakamda, Linmas dan pegawai Desa. Dan kami melakukan pemeriksaan tentu saja dengan humanis dan sopan santun kepada penduduk pendatang, namun tegas dengan sasaran utama senjata tajam (Sajam), Narkoba atau barang-barang lain yang mencurigakan,” terang Kompol Pramasetia.

Berikutnya dijelaskan, dalam melakukan Patroli Gabungan Yustisi ini, pihaknya menggandeng aparat Desa setempat dengan membagi dua Tim gabungan. Untuk yang di Desa Tibeneng di pimpin Kasat Intelkam Polres Badung AKP Gede Segara Yasa, S.H sedangkan di wilayah desa canggu Kasat Narkoba Polres Badung AKP Sutrisno, S.H.

Baca Juga:  Diperpa Badung Gelar Bimtek Ketahanan Pangan untuk TP PKK 

“Selain kami rutin melaksanakan KRYD dan Blue Light Patrol dalam mencegah dan mendeteksi dini gangguan Kamtibmas, juga melaksanakan Patroli gabungan Yustisi untuk memastikan penduduk pendatang yang tinggal sementara di wilayah Polres Badung,” sebutnya. (jas)