6 Korban Kapal Tenggelam Tiba di Bali, 9 Orang Masih Pencarian

Salah seorang korban tenggelamnya kapal Linggar Petak 89 tiba di Bali, Kamis (2/3/2023).
Evakuasi salah seorang korban tenggelamnya kapal Linggar Petak 89, Kamis (2/3/2023).

PANTAUBALI.COM, DENPASAR – Lima korban selamat dan satu meninggal dalam insiden tenggelamnya Kapal Motor (KM) Linggar Petak 89 di perairan Samudera Hindia tiba di Bali, Kamis (2/3/2022).

 

Para korban dievakuasi KN SAR Arjuna 229 dan sandar di Pelabuhan Benoa sekitar pukul 16.00 WITA. Mereka dibawa menggunakan ambulans BPBD dan TNI AL ke RSUP Prof. Ngoerah Sanglah, Denpasar.

 

Baca Juga:  Kecelakaan Maut di Kediri Tabanan, Nenek 78 Tahun Tewas Ditabrak Truk saat Menyeberang

Korban selamat, yakni Ariyono Wicaksono (Nakhoda), Usnadi, Asep Maulana M, Muhamad Kevin Danuarta (kondisi lemas), dan Olof Luturmas (kritis).  Sedangkan korban meninggal, Hadi Supriadi.

 

Sementara, 9 orang masih dalam pencarian, yaitu Dana Prasasty, Ryan Perdana Syah Putra, M Bagas Syaifudin, Sendi Wahyudi, Jaya Rahman, Maman Sulaeman, Candra, Mohamad Jaelani, dan Indra Pamungkas.

 

“Pencarian KM Linggar Petak 89 melibatkan Kapal Bahari Nusantara 25, Bahari Nusantara, dan KN SAR Arjuna 229,” ujar Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada

Baca Juga:  Bayi 10 Bulan di Jembrana Tewas Mengampung Dikolam Penampungan Air

 

Menurutnya, kendala yang seringkali dihadapi tim SAR gabungan di perairan selatan Bali yakni cuaca dan gelombang tinggi.  Upaya pencarian tidak dilakukan hingga malam hari karena tidak efektif dalam kondisi jarak pandang terbatas.

 

 

“Menurut informasi Kapten Linggar Petak 89, ABK yang keluar dari kapal tidak menggunakan alat keselamatan. Selain itu, kapal juga tidak didukung perlatan komunikasi dan GPS, jadi kita sulit melakukan pemantauan,” ungkap Darmada.

Baca Juga:  Air PDAM Mati Sejak 2 Pekan, Warga Kelurahan Pendem Jembrana Krisis Air Bersih

 

Ia menambahkan, Basarnas beberapa kali menangani kapal pencari ikan yang tenggelam karena cuaca buruk. Rata – rata kapal ikan melakukan pencarian di wilayah ground fishing hampir berbatasan dengan Australia. (kom)