Wagub Bali Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-74 Provinsi Bali

25

DENPASAR- Pantaubali.com – Warga Negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati saat membacakan Sambutan Presiden dalam Peringatan Hari Bela Negara ke-74 tahun 2022, Senin (Soma Wage, Julungwangi), 19 Desember 2022 bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Bali.

Cok Ace menyampaikan bahwa setiap warga negara Indonesia harus memiliki daya tangkal serta tangguh dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang.

“Kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara,” ungkapnya.

Menurut Cok Ace, Bela Negara merupakan suatu kehormatan bagi warga negara karena turut berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Cok Ace mengajak seluruh komponen masyarakat untuk dapat menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesinya masing-masing sebagai bentuk sikap Bela Negara.

Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara serta serta setia pada Pancasila sebagai ideologi negara. Nilai-nilai Bela Negara ini harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran Bela Negara, baik di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

Peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 kali ini selain dilaksanakan secara langsung juga dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Bali serta FKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali. Tampak peserta upacara menggunakan pakaian adat Bali sebagai bentuk menjaga kearifan lokal Bali.

Baca Juga:  KPU Badung, Melantik 186 PPS Pilgub Bali 2024