Mantan Presiden Hungaria János Áder Kagumi Keindahan Terasering Jatiluwih Tabanan

Mantan Presiden Hungaria, János Áder bersama rombongan melihat persawahan Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Sabtu (18/5/2025).
Mantan Presiden Hungaria, János Áder bersama rombongan melihat persawahan Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Sabtu (18/5/2025).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Mantan Presiden Hungaria, János Áder mengunjungi Daya Tarik Wisata (DTW) Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, Sabtu (18/5/2025).

Áder, yang menjabat sebagai kepala negara dari tahun 2012 – 2022, mengungkapkan rasa kagumnya terhadap keindahan terasering di kawasan Subak Jatiluwih.

Manager DTW Jatiluwih Ketut Purna mengatakan, rombongan mantan Presiden Hungaria tiba di Jatiluwih sekitar pukul 12.00 WITA. Kedatangan mantan Presiden Hungaria tersebut merupakan kejutan.

Baca Juga:  Tabanan Tuan Rumah Agro Expo KTNA 2024

“Kami tidak menyangka akan kedatangan mantan Presiden János Áder. Beliau datang didampingi mantan Duta Besar Hungaria untuk Indonesia,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, para rombongan sangat terkesan dengan pemandangan terasering Jatiluwih serta sistem pengairan tradisional (subak) yang diterapkan di sana.

Áder juga bertanya mengenai upaya Desa Jatiluwih dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya lokal.

“Beliau sangat kagum, terutama melihat masyarakat lokal dalam mempertahankan warisan budaya ini,” kata pria yang akrab disapa John tersebut.

Baca Juga:  Kemiskinan Ekstrem di Tabanan Turun, Tersisa 72 Jiwa

Pihaknya berharap, dengan persiapan yang matang dan kedatangan tamu kehormatan János Áder, DTW Jatiluwih bisa terus memukau para pengunjung. Terutama para delegasi World Water Forum (WWF) yang dijadwalkan berkunjung pada 25 Mei nanti.

“Selain itu, kami juga berharap Jatiluwih bisa menjadi contoh pelestarian budaya dan lingkungan,” imbuh john.

Sementara itu, sejumlah persiapan pengamanan di kawasan DTW Jatiluwih mulai dilakukan untuk menyambut delegasi World Water Forum (WWF) yang dijadwalkan akan berkunjung pada tanggal 20-25 Mei 2024.

Baca Juga:  DPC PDIP Tabanan Usulkan Pemecatan Ketua PAC Kediri Akibat Daftar Calon Bupati Lewat Partai Lain

Penjor, lelakut, sunari, pindekan dan kapuakan sudah dipasang di sepanjang jalur utama dan areal persawahan. Selain itu, Jatiluwih Gate juga akan dibangun untuk memberikan kesan khusus bagi para delegasi. (ana)