‘May Day is Fun Day’, Hari Buruh di Jembrana Digelar Meriah

Kemeriahan peringatan hari buruh di Kabupaten Jembrana.
Kemeriahan peringatan hari buruh di Kabupaten Jembrana.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Peringatan Hari Buruh (May Day) di Kabupaten Jembrana digelar secara meriah dengan berbagai kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 30 April – 1 Mei 2024 di Gedung Kesenian Ir. Soekarno.

Kegiatan yang bertema ‘May Day is Fun Day #2’, mengubah paradigma peringatan hari buruh yang umumnya diisi dengan aksi demo turun ke jalan oleh para buruh. Tema Fun Day, para buruh di Jembrana diajak untuk sejenak berbahagia setelah bekerja selama setahun.

Peringatan May Day diisi dengan hiburan oleh sejumlah musisi lokal Jembrana hingga musisi top Bali Joni Agung & Double T pada Selasa (30/4/2024) kemarin malam. Hari ini, dilanjutkan dengan kegiatan jalan santai, serta hiburan dan pembagian door prize kepada masyarakat yang beruntung.

Baca Juga:  Pastikan Kemananan Pintu Masuk Bali Jelang WWF ke-10, Polres Jembrana Siagakan Personel di Pelabuhan Gilimanuk

Selain itu, peringatan May Day juga dimeriahkan dengan berbagai stand UMKM serta layanan donor darah oleh PMI Jembrana. Puncak May Day diperingati dengan pelepasan burung Merpati oleh Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) bersama jajaran Forkopimda dan undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Jembrana yang diwakili Wabup Ipat, pihaknya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam sukses penyelenggaraan ‘May Day is Fun Day #2’.

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Peringatan Hari Buruh Internasional dengan tema May Day is Fun Day #2. Mudah-mudahan momentum ini dapat meningkatkan sinergitas positif yang terjalin antara pekerja, pengusaha dan Pemerintah Kabupaten Jembrana,” ucap Wabup Ipat.

Wabup Ipat mengajak semua pihak untuk bersinergi dan senantiasa berkomitmen mengedepankan profesionalisme dan hubungan kerja yang sehat serta senantiasa memelihara hubungan industrial yang baik antara pekerja, pengusaha dan pemerintah.

Baca Juga:  30 Peserta Penyelenggara Angkutan Umum Ikuti Pembinaan dan Pemilihan Abdiyasa Teladan Badung 2024

“Jadilah mitra profesional yang saling menghargai, saling menunaikan kewajiban dan memberikan hak secara proporsional, serta saling menetapi perjanjian yang telah disepakati secara jujur dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Pihaknya pun menyambut hangat hadirnya Konfederasi Serikat Pekerja Provinsi Bali, Konferensi Serikat Pekerja Kabupaten/Kota seluruh Bali serta APINDO provinsi Bali dan APINDO kabupaten Jembrana.

Baca Juga:  Momen Meliang-Liang Tingkatkan Kebersamaan Pegawai Pemkab Tabanan

“Saya berharap adanya perkumpulan seperti ini, dapat menjadi wadah aspirasi para pekerja untuk bersinergi dengan pengusaha agar memiliki semangat, karena majunya perusahaan akan membawa kesejahteraan bagi semuanya,” imbuhnya.

Lanjut, kata Wabup Ipat, Dirinya mengajak para pekerja dan pengusaha untuk bekerja sama dengan pemerintah sehingga tercipta langkah yang selaras untuk membangun bersama kabupaten Jembrana.

“Saya yakin, bersama-sama kita dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, dan pembangunan kabupaten Jembrana di segala lini dapat berjalan dengan baik menuju Jembrana Emas 2026,” pungkasnya. (rls)