Disambut Ribuan Warga, Bupati Badung Salurkan BKK dan Hibah Rp232 Miliar ke Tabanan

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta saat menyerahkan BKK dan Hibah untuk Kabupaten Tabanan di Gedung Ketut Maria Tabanan, Senin (29/4/2024).
Bupati Badung Nyoman Giri Prasta saat menyerahkan BKK dan Hibah untuk Kabupaten Tabanan di Gedung Ketut Maria Tabanan, Senin (29/4/2024).

 

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Ribuan Rakyat Tabanan banjiri area Kota Tabanan saat menyambut kehadiran Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam rangka Penyerahan Dana Hibah dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Badung, Senin (29/4/2024).

Sepanjang area Kota Tabanan tampak dipadati oleh warga yang antusias menyambut kedatangan Bupati Badung bersama rombongan dengan iring-iringan mobil Willys mulai dari area kantor Bupati Tabanan, hingga Jalan Gajah Mada, serta berpusat di Gedung Kesenian I Ketut Marya Tabanan.

Kehadiran Bupati Giri Prasta, yang saat itu didampingi oleh Ketua DPRD dan Sekda Badung serta beberapa OPD terkait disambut secara langsung oleh Bupati Sanjaya beserta jajaran.

Adapun dana senilai total Rp230 milyar digelontorkan dari Kabupaten Badung kepada Kabupaten Tabanan untuk BKK dan Dana Hibah. Dengan rincian dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) senilai Rp129,8 diberikan kepada 39 penerima bantuan dan dana Hibah senilai Rp102,6 miliar diberikan kepada 170 penerima bantuan.

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyatakan penyerahan BKK dan hibah uang secara langsung kepada masyarakat Kabupaten Tabanan dengan total jumlah Rp 232 miliar lebih yang bersumber dari APBD Kabupaten Badung Tahun Anggaran 2024, merupakan murni kebijakan politik anggarannya, sebagai wujud pengejawantahan konsep sinergitas mewujudkan pemerataan pembangunan di pulau Bali dalam bingkai PPNSB.

Baca Juga:  Truk Kontainer dan Pikap Bermuatan Tanaman Hias Terlibat Kecelakaan di Jalur Denpasar-Gilimanuk 

“Dengan adanya bantuan ini, sehingga Masyarakat akan diringankan bebannya dan yang terpenting adalah pemerataan Pembangunan yang ada, di situ akan menimbulkan nilai masyarakat yang memadai. Ketika ini kita jalankan dengan baik, cita-cita kami yaitu kesejahteraan dan keberadilan akan tercapai,” jelas Giri.

Menurut Giri Prasta ketika berbicara mengenai perkembangan pariwisata Badung, maka tidak akan bisa dilepaskan dari kontribusi delapan kabupaten dan satu kota yang mengelilinginya. Itu artinya, ada satu mata rantai aktivitas di mana ada fungsi kewenangan, regulasi, serta koordinasi dengan semua pihak yang berwenang.

Baca Juga:  Nekat Curi Emas Senilai Rp50 Juta, Perempuan 21 Tahun Diamankan Polres Tabanan

“Masyarakat Tabanan banyak bekerja di wilayah Kabupaten Badung dalam berbagai sektor. Disamping itu kebutuhan air Kabupaten Badung juga mendapatkan banyak pasokan dari Tabanan. Kalau kita bekerja sama astungkara kedepan PAD Badung tembus angka 10 triliun,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tabanan Komang Sanjaya menyampaikan bahwa Bupati Giri Prasta beserta jajarannya telah dua kali datang ke Tabanan membawa BKK dan hibah Badung Angelus Buana (2023 dan 2024).

Baca Juga:  TPA Mandung Masih Kepulkan Asap Tebal Jelang Tampung Sampah dari Denpasar

Dalam acara penyaluran BKK dan hibah kali ini, dirinya menyebut ada sekitar 50 ribu masyarakat Tabanan tumpah ruah di sepanjang jalan Kota Tabanan hingga ke Gedung Kesenian I Ketut Maria menyambut kedatangan Bupati Giri Prasta beserta jajarannya.

“Atas nama masyarakat Tabanan, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati Giri Prasta dan jajaran Pemkab Badung, karena berkat bantuan BKK dan hibah Pemkab Badung masyarakat kabupaten Tabanan bisa menikmati pembangunan,”

“Melalui kegiatan ini Bupati Giri Prasta telah mengejawantahkan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana, dengan konsep One Island One Management melalui program Badung Angelus Buana,” ucap Sanjaya. (ana)