Cegah Korban Jiwa, BPBD Tabanan Lakukan Pemangkasan Pohon Perindang

Pemangkasan pohon perindang di Jalur Denpasar-Singaraja.
Pemangkasan pohon perindang di Jalur Denpasar-Singaraja.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan melakukan pemangkasan pohon perindang di jalur Denpasar-Singaraja pada Selasa (2/4/2024).

Kepala Pelaksana BPBD Tabanan I Nyoman Srinadha Giri mengatakan, pemangkasan ini dilakukan untuk mencegah timbulnya korban jiwa karena pohon tumbang saat musim hujan dan angin kencang.

“Saat ini masih masuk musim hujan, sehingga potensi pohon tumbang dan membahayakan masyarakat sangat besar. Untuk itu, kami lakukan pemeliharaan dengan melakukan pemangkasan,” ujarnya.

Baca Juga:  Golkar Tabanan Sudah Siapkan 5 Calon untuk Pilkada 2024

Ia menyebut, tindakan ini dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat bahwa pohon perindang yang ada di pinggir jalan Denpasar-Singaraja, tepatnya di Banjar Baturiti Kaja, Desa Baturiti Kecamatan Baturiti Tabanan, berpotensi membahayakan pengguna jalan.

Dalam pemangkasan pohon perindang ini pihaknya juga turut melibatkan BPBD Provinsi Bali, Dinas Lingkungan Hidup, PU, Polsek Baturiti, PLN dan juga masyarakat.

Baca Juga:  Warung dan Gudang Rongsokan di Kediri Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik 

“Lokasi pemangkasan pohon ada di kawasan yang dilalui oleh kabel jaringan PLN dan provider wifi sehingga kami juga bekerjasama dengan PLN dan provider, untuk meminimalkan gangguan layanan,” jelasnya.

Srinadha menambahkan, pemangkasan pohon ini akan rutin dilakukan di wilayah-wilayah yang memiliki potensi bahaya.

“Apalagi saat ini masuk musim hujan. Jadi selain di Baturiti, pemangkasan pohon juga akan kami lakukan di wilayah lainnya,” ungkapnya. (ana)