Jelang Mudik Lebaran 2024, Dishub Tabanan Lakukan Ramcek Bus

Dishub Tabanan lakukan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan atau ramcek menjelang mudik Lebaran 2024 di Terminal Pesiapan, Tabanan, Rabu (27/3/2024).
Dishub Tabanan lakukan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan atau ramcek menjelang mudik Lebaran 2024 di Terminal Pesiapan, Tabanan, Rabu (27/3/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tabanan melakukan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan atau ramcek menjelang mudik Lebaran 2024 di Terminal Pesiapan, Tabanan, Rabu (27/3/2024). Pelaksanaan ramp check ini dilakukan untuk jenis kendaraan bus.

Kasi Angkutan Dinas Perhubungan Tabanan Dewa Nyoman Arsa Yana mengatakan, kegiatan ini sudah dilakukan sejak awal Maret ini dengan sasaran perusahaan otobus (PO) dan terminal.

“Hari ini kami mengecek kelengkapan bus di terminal. Sementara di PO bus sudah dilakukan dua minggu lalu di Gunung Harta dan Sarwo Nadi,” ujarnya, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga:  Marga Festival Marhen 2024, Wadah untuk Kenalkan Potensi Desa dan Wisata Kecamatan Marga

Menurutnya, inspeksi ini menekankan pemeriksaan kelengkapan kendaraan seperti surat-surat kendaraan, ban cadangan, sabuk keselamatan dan kelengkapan lainnya.

“Tujuannya tentu untuk memastikan apakah (kendaraan) layak jalan atau tidak dan keselamatan pelaksanaan mudik lebaran karena ini menjadi program nasional menyambut lebaran,” ungkapnya.

Arsa Yana menyebut, total sudah ada 12 kendaraan yang diperiksa dan sejauh ini belum ditemukan adanya pelanggaran. Namun, jika nantinya ditemukan maka pemilik kendaraan akan diberikan teguran dan diminta untuk melengkapinya.

“Karena nanti mereka akan diperiksa kembali di terminal lain. Maka disana mereka lapor lagi bahwa kelengkapan kendaraan sudah dilengkapi,” ucapnya.

Baca Juga:  Momen Hari Raya Idul Adha, Warga LDII Tabanan Ngejot Gulai Kambing

Ia menyebut kegiatan ini akan dilaksanakan hingga sebelum menjelang hari Raya Idul Fitri pada 10 April mendatang. “Kami laksanakan sampai seminggu sebelum hari raya,” imbuhnya. (ana)