12 Ogoh-Ogoh Semarakan Festival Ogoh-Ogoh Singasana 2024 Tabanan

Semarak parade ogoh-ogoh Festival Kesanga Kabupaten Tabanan, Sabtu (24/2/2024).
Semarak parade ogoh-ogoh Festival Kesanga Kabupaten Tabanan, Sabtu (24/2/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Sebagai rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 11 Maret 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tabanan menggelar Festival Ogoh-Ogoh Singasana.

Seperti hari ini Sabtu (24/2/2024), parade ogoh-ogoh yang digelar semarak di area Taman Bung Karno pada pukul 15.00 WITA.

Dari pantauan, ribuan masyarakat memadati area Taman Bung Karno hingga depan Gedung Kesenian I Ketut Maria untuk menyaksikan parade ogoh-ogoh dengan berbagai bentuk dan karakter hasil karya sekaa teruna dari 12 perwakilan desa dinas yang ada di Kecamatan Tabanan.

Selain ogoh-ogoh, para sekaa teruna juga menampilkan tari kreasi yang menggambarkan filosopi dan karakter dari karya ogoh-ogoh mereka.

Parade dibuka oleh Yowana Dharma Mekar dari Desa Sesandan. Dilanjutkan dengan Yowana Widya Taruna dari Desa Sudimara hingga terakhir Yowana dari Desa Bedha.

Baca Juga:  Hingga Pertengahan 2024, Aktivasi IKD di Tabanan Hanya 5.064 Orang

Masing-masing perwakilan desa tersebut menampilkan kreasi ogoh-ogoh, baleganjur hingga tarian selama kurang lebih 5 menit dan langsung dinilai oleh para juri untuk menentukan juara favorit.

Salah seorang warga, Ayu Tiara Dewi (23) mengatakan sangat antusias menonton parade bersama teman-temannya. Sebab, setiap tahun, ia selalu menantikan parade ogoh-ogoh sebagai rangkaian Hari Raya Nyepi.

“Ya sangat senang. Walaupun harus berdesak-desakan, tapi puas melihat karya ogoh-ogoh yang diarak tadi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten I Made Yudiana mengatakan, Festival Ogoh – Ogoh Singasana 2024 diikuti oleh 12 peserta dari 12 Desa Dinas yang ada di Kecamatan Tabanan.

Baca Juga:  Siap Lawan PDIP, Tujuh Partai di Tabanan Berkoalisi di Pilkada 2024

“Festival ini dilaksanakan selama lima hari yakni 22 – 26 Februari 2024,” ungkapnya di sela-sela acara.

Sudiana menyebut, sebelum parade berlangsung, ogoh-ogoh tersebut sebelumnya ditempatkan di area Taman Bung Karno untuk dilakukan penilaian lomba pada Jumat (23/2/2024) kemarin. Masing – masing peserta juga mendapatkan uang kepesertaan sebesar Rp20 juta.

Adapun juara I dengan hadiah Rp10 juta diraih oleh Desa Subamia dengan karya ogoh-ogoh Aji Cakrageni. Juara II dengan hadiah Rp7,5 juta diraih oleh Desa Delod Peken dengan ogoh-ogoh bertema Leak Endihan. Kemudian, Juara III dengan hadiah Rp5 juta diraih oleh Desa Denbantas dengan tema Sang Raja Detya.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

“Sedangkan kejuaraan khusus dari juri kehormatan ditentukan pada hari ini dengan kategori Juara Terfavorit, Juara Terunik dan Juara Terkreatif. Dengan masing-masing hadiah uang tunai sebesar Rp5 juta,” ungkapnya.

Untuk memeriahkan kegiatan Festival Ogoh – Ogoh ini, di seputaran Taman Bung Karno juga dilaksanakan pameran UMKM dan berbagai macam kuliner.

“Besok, Minggu (25/2/2024) akan ada pawai ogoh – ogoh mini yang akan diikuti oleh anak – anak TK di wilayah Kota Tabanan,” tambahnya. (ana)