12 Ogoh-Ogoh Semarakan Festival Ogoh-Ogoh Singasana 2024 Tabanan

Semarak parade ogoh-ogoh Festival Kesanga Kabupaten Tabanan, Sabtu (24/2/2024).
Semarak parade ogoh-ogoh Festival Kesanga Kabupaten Tabanan, Sabtu (24/2/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Sebagai rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 11 Maret 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tabanan menggelar Festival Ogoh-Ogoh Singasana.

Seperti hari ini Sabtu (24/2/2024), parade ogoh-ogoh yang digelar semarak di area Taman Bung Karno pada pukul 15.00 WITA.

Dari pantauan, ribuan masyarakat memadati area Taman Bung Karno hingga depan Gedung Kesenian I Ketut Maria untuk menyaksikan parade ogoh-ogoh dengan berbagai bentuk dan karakter hasil karya sekaa teruna dari 12 perwakilan desa dinas yang ada di Kecamatan Tabanan.

Selain ogoh-ogoh, para sekaa teruna juga menampilkan tari kreasi yang menggambarkan filosopi dan karakter dari karya ogoh-ogoh mereka.

Parade dibuka oleh Yowana Dharma Mekar dari Desa Sesandan. Dilanjutkan dengan Yowana Widya Taruna dari Desa Sudimara hingga terakhir Yowana dari Desa Bedha.

Baca Juga:  Seminggu Operasi Patuh Agung, Polres Tabanan Tindak 116 Pelanggar dan Catat 14 Kecelakaan

Masing-masing perwakilan desa tersebut menampilkan kreasi ogoh-ogoh, baleganjur hingga tarian selama kurang lebih 5 menit dan langsung dinilai oleh para juri untuk menentukan juara favorit.

Salah seorang warga, Ayu Tiara Dewi (23) mengatakan sangat antusias menonton parade bersama teman-temannya. Sebab, setiap tahun, ia selalu menantikan parade ogoh-ogoh sebagai rangkaian Hari Raya Nyepi.

“Ya sangat senang. Walaupun harus berdesak-desakan, tapi puas melihat karya ogoh-ogoh yang diarak tadi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten I Made Yudiana mengatakan, Festival Ogoh – Ogoh Singasana 2024 diikuti oleh 12 peserta dari 12 Desa Dinas yang ada di Kecamatan Tabanan.

Baca Juga:  Disbud Badung Konservasi Lontar, Lestarikan Naskah Kuno

“Festival ini dilaksanakan selama lima hari yakni 22 – 26 Februari 2024,” ungkapnya di sela-sela acara.

Sudiana menyebut, sebelum parade berlangsung, ogoh-ogoh tersebut sebelumnya ditempatkan di area Taman Bung Karno untuk dilakukan penilaian lomba pada Jumat (23/2/2024) kemarin. Masing – masing peserta juga mendapatkan uang kepesertaan sebesar Rp20 juta.

Adapun juara I dengan hadiah Rp10 juta diraih oleh Desa Subamia dengan karya ogoh-ogoh Aji Cakrageni. Juara II dengan hadiah Rp7,5 juta diraih oleh Desa Delod Peken dengan ogoh-ogoh bertema Leak Endihan. Kemudian, Juara III dengan hadiah Rp5 juta diraih oleh Desa Denbantas dengan tema Sang Raja Detya.

Baca Juga:  Diusulkan Dipecat Oleh DPC PDIP, Nyoman Mulyadi Berdoa Oknum Penghianat dan Penjilat di Bali Panjang Umur

“Sedangkan kejuaraan khusus dari juri kehormatan ditentukan pada hari ini dengan kategori Juara Terfavorit, Juara Terunik dan Juara Terkreatif. Dengan masing-masing hadiah uang tunai sebesar Rp5 juta,” ungkapnya.

Untuk memeriahkan kegiatan Festival Ogoh – Ogoh ini, di seputaran Taman Bung Karno juga dilaksanakan pameran UMKM dan berbagai macam kuliner.

“Besok, Minggu (25/2/2024) akan ada pawai ogoh – ogoh mini yang akan diikuti oleh anak – anak TK di wilayah Kota Tabanan,” tambahnya. (ana)