Permintaan Tinggi Jelang Galungan, Kelangkaan Gas Melon Tak Terjadi di Tabanan

Pasokan gas LPG 3 Kg di salah satu pangkalan gas LPG di Banjar Demung, Desa Kediri, Tabanan.
Pasokan gas LPG 3 Kg di salah satu pangkalan gas LPG di Banjar Demung, Desa Kediri, Tabanan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Sejumlah wilayah di Bali mengalami kelangkaan gas LPG 3 kilogram atau gas melon menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan. Namun, kondisi tersebut tidak terjadi di Kabupaten Tabanan.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pedagang di Banjar Panti, Kediri, Tabanan bernama Ni Ketut Sukariani. Menurutnya, sejak satu minggu terakhir memang terjadi peningkatan permintaan dari konsumen.

Namun, ia tetap bisa mendapat pasokan dari pangkalan gas LPG sehingga tidak sampai terjadi kelangkaan.

Baca Juga:  Rumah Tempat Servis Peralatan Elektronik di Tabanan Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp200 Juta

“Pasokan dari pangkalan masih normal, tetapi permintaannya konsumen yang naik. Biasanya mereka membeli dua atau tiga tabung sekaligus per hari,” ujarnya, Rabu (21/2/2024).

Sukariani menyebut, peningkatan permintaan gas ini biasa terjadi menjelang hari raya sebab masyarakat lebih banyak menggunakannya untuk persiapan keperluan hari raya.

“Bulan ini permintaan sudah mulai meningkat khususnya di warung-warung karena mulai persiapan hari raya,” jelasnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Nyoman Trice Perdana, pemilik pangkalan gas LPG di Kediri, Tabanan. Pihaknya masih menerima pasokan dari dari agen LPG dengan jumlah seperti hari biasa yakni 80 tabung per hari.

Baca Juga:  Desa Selemadeg Tabanan Berhasil Kembangkan Ternak Sapi dengan Sistem 'Ngadas'

“Pasokan dari agen masih aman. Saya mendapatkan 80 tabung per hari dengan harga Rp16 ribu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tabanan Ni Made Murjani memastikan, pasokan gas melon di Kabupaten Tabanan tetap aman menjelang hari raya. Disamping itu, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya kelangkaan pasokan LPG.

Baca Juga:  PDIP Tabanan Konsolidasi Internal Partai Persiapan Pilkada Serentak 2024 

“Dari pantauan yang telah kami lakukan, peningkatan permintaan memang terjadi menjelang hari raya ini. Kami juga sudah bersurat ke Pertamina untuk menambah pasokan ke agen sebagai antisipasi adanya kelangkaan,” ungkapnya. (ana)