PDIP Tabanan Menang Banyak di Putaran Pemilu 2024

Ketua DCP PDIP Tabanan I Komang Gede Sanjaya saat menggelar konferensi pers di kantor DPC PDIP Tabanan, Sabtu (18/2/2024).
Ketua DCP PDIP Tabanan I Komang Gede Sanjaya saat menggelar konferensi pers di kantor DPC PDIP Tabanan, Sabtu (18/2/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) rupanya masih menguasai perolehan suara di Kabupaten Tabanan.

Itu dibuktikan dengan perolehan suara untuk Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor 03 yakni Ganjar Pranowo – Mahfud MD mencapai angka 58,74 persen atau mendekati 60 persen. Selain itu, raihan kursi di DPRD Tabanan juga bertambah 3, dari sebelumnya 28 menjadi 31 kursi.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengatakan, memasuki hari ketiga setelah pencoblosan Pemilu 2024, suara yang sudah masuk mencapai 99 persen dan perolehan kemenangan suara untuk Pilpres merata di sepuluh Kecamatan.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Apresiasi Semangat Gotong Royong Krama dalam Upacara Yadnya di Pura Puseh lan Bale Agung Desa Adat Pacung

“Tabanan menjadi salah satu pemenang Ganjar-Mahfud di Bali. Dan kemenangan diperoleh merata di 10 Kecamatan, dengan perolehan suara mencapai 58,74 persen,” ujarnya saat menggelar konferensi pers di kantor DPC PDIP Tabanan, Sabtu (18/2/2024).

Selain itu, dikatakan Sanjaya, PDIP juga berhasil melampaui target kursi di DPRD Tabanan. Dari 40 kursi yang tersedia, PDIP berhasil memperoleh 31 kursi di putaran pemilu ini. Padahal sebelumnya hanya menargetkan 28 kursi.

Adapun rinciannya, yakni Dapil 1 (Tabanan-Kerambitan) naik 1 kursi. Yang mana sebelumnya, PDIP memperoleh 7 kursi, 2 Golkar dan 1 NasDem. Namun, sekarang PDIP memperoleh 8 kursi, 1 Golkar dan 1 Gerindra.

Sementara perolehan kursi di Dapil 2 (Pupuan – Selemadeg Raya) tetap bertahan seperti sebelumnya yakni ada PDIP 8 kursi, Golkar dan Gerindra masing-masing 1 kursi.

Baca Juga:  Distan Tabanan Genjot Vaksinasi PMK, Dua Kecamatan Ini Belum Tersasar

Selanjutnya, Dapil 3 (Penebel – Baturiti) ada penambahan 1 kursi. Dulu PDIP memperoleh 5 kursi dan Golkar, Gerindra, Demokrat dan NasDem masing-masing 1 kursi. Namun kini, PDIP berhasil merebut kursi NasDem.

Yang terakhir, Dapil 4 (Kediri – Marga) dari 11 kursi yang diperebutkan, PDIP berhasil menambah 1 kursi. Yang mana sebelumnya, PDIP memperoleh kursi 8, sisanya nasdem, golkar, dan gerindra masing-masing 1 kursi. Namun NasDem sekarang digantikan dengan PDIP.

Baca Juga:  Pilkada 2024, Sanjaya Kembali Diusulkan Jadi Calon Bupati Tabanan

“Jadi ada 3 kursi partai nasdem di Tabanan kali ini yang hilang dan digantikan dengan PDIP,” ungkap Sanjaya.

Menurut Politisi asal Desa Dauh Pala ini, hasil kemenangan menjadi bukti bahwa Tabanan tetap mampu menjadi Kandang Banteng meskipun di tengah dinamika politik yang terjadi sekarang ini.

“Astungkara, di tengah dinamika perpolitikan Bali dan Nasional tapi PDIP Tabanan tetap menunjukkan taringnya. Jadi kandang banteng betul-betul terbukti di Kabupaten Tabanan,” ucapnya. (ana)