Terkoreksi 2 Persen, Perolehan Suara Ganjar – Mahfud di Tabanan Masih Jadi yang Tertinggi di Bali

Suasana perhitungan suara di DPC PDIP Tabanan, Jumat (16/2/2024).
Suasana perhitungan suara di DPC PDIP Tabanan, Jumat (16/2/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan hingga Jumat (16/2/2024) mencatat perolehan suara sementara Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 03 Ganjar – Mahfud MD masih menjadi yang tertinggi di Bali.

Meskipun pada hari kedua setelah pencoblosan ini, angka perolehan suara paslon 03 tersebut mengalami koreksi sekitar 2,1 persen dari yang sebelumnya 61 persen.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Tim Pemenangan Ganjar – Mahfud Tabanan I Gusti Nyoman Omardani. Hasil penghitungan cepat yang dilakukan DPC PDI Perjuangan Tabanan, jumlah suara sah yang diterima PDI Perjuangan Tabanan sebesar 97,8 persen atau sebanyak 316.930 suara.

Baca Juga:  Warung dan Gudang Rongsokan di Kediri Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik 

“Angka perolehannya berubah, per hari ini menjadi 58,8 persen atau sebanyak 186.405 suara dari total suara sah sebanyak 316.930 suara atau sebesar 97,8 persen dari total jumlah DPT Kabupaten Tabanan,” jelasnya.

Omardani menyebut, perolehan suara tersebut masih bisa berubah seiring dengan jumlah suara yang masuk hingga Jumat malam. Disamping itu, meskipun ada koreksi 2 persen tetapi perolehan suara Ganjar – Mahfud di Tabanan masih menjadi yang tertinggi di Bali.

“Angkanya pasti berubah, tetapi tidak signifikan. Nanti setelah data masuk mencapai 100 persen, raihan suara untuk pasangan 03 kembali di angka 60 persen,” ungkapnya.

Sementara itu, hingga Kamis (15/2/2024) malam kemarin, data perolehan suara untuk calon legislatif (caleg) RI yang diusung PDI perjuangan baru mencapai 23 persen atau sebanyak 59 persen. Sedangkan untuk DPRD Provinsi sebanyak 55 ribu atau sekitar 20 persen dari total suara dan untuk DPRD Kabupaten masih di bawah angka 20 persen.

Baca Juga:  PDIP Tabanan Usulkan Koster-Ace dan Koster-Giri dalam Pilgub Bali 2024

Rinciannya, caleg PDI Perjuangan untuk DPR RI asal Tabanan, Nyoman Adi Wiryatama memperoleh suara sebanyak 34 ribu dari total total suara yang masuk, atau sebanyak 59 ribu.

Selanjutnya untuk komposisi Caleg DPRD provinsi dari Kabupaten Tabanan yang diusung DPC PDIP Tabanan ada enam orang, yakni, I Ketut Suryadi 13 ribu, I Made Suparta 4 ribu, Ni Made Usmantari 11 ribu, I Ketut Purnaya 10 ribu , Ni Putu Sri Utami 1.000 dan I Wayan Adi Agus Darmawan 8 ribu,dari total 55 ribu suara yang diterima DPC PDIP Tabanan.

Baca Juga:  Bunda Paud Kembali Bagikan PMT dan APE di TK Negeri Kerambitan

“Perolehan ini, sifatnya masih sementara, karena angkanya akan terus berkembang seiring dengan jumlah suara yang kami terima. Untuk DPRD Kabupaten, ada pak Dirga (caleg incumbent) PDIP memperoleh suara sekitar 5 ribuan suara,” ucap Omardani. (ana)