860 Personel Gabungan Amankan Pemilu 2024 di Tabanan

Apel pergerseran pasukan pengamanan proses pungut dan hitung suara Pemilu 2024 si Kabupaten Tabanan, Selasa (13/2/2024).
Apel pergerseran pasukan pengamanan proses pungut dan hitung suara Pemilu 2024 si Kabupaten Tabanan, Selasa (13/2/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Memasuki H-1 pemungutan suara Pemilu 2024, Polres Tabanan menggelar apel pergerseran pasukan pengamanan proses pungut dan hitung suara, Selasa (13/2/2024).

Apel yang digelar di Lapangan Alit Saputra, Tabanan, ini diikuti oleh 860 personel gabungan.

Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes yang juga selaku Pemimpin Apel menerangkan, tujuan pelaksanaan apel ini adalah untuk mengecek kesiapan akhir masing-masing personel baik sikap maupun kelengkapan perorangan yang nantinya akan dugunakan dalam pelaksanaan pengamanan pada tahap pungut hitung Pemilu 2024.

Baca Juga:  Aplikasi Sirekap Gangguan, Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan di Tabanan Ditunda

“Para personel yang tersprin dalam pengamanan pada masing-masing TPS akan bergeser ke lokasi TPS sesuai dengan sprin yang sudah di terbitkan, baik dari BKO Polda Bali maupun dari Polres Tabanan,” ungkapnya.

Adapun pada tahap pungut hitung suara nanti, sebanyak 474 orang personel akan mengamankan 1.545 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 133 desa di Kabupaten Tabanan. Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 372.372.

Baca Juga:  Kelompok Warga dan Buruh Proyek di Jimbaran Terlibat Perkelahian, 2 Orang Luka-Luka

“474 personel ini terdiri dari 221 BKO Polda Bali 221 dan 253 Polres Tabanan. Ditambah satgas sebanyak 267 yang didukung power on hand Polres Tabanan sebanyak 31 personel dan 30 personel perbantuan backup TNI. Back up Dalmas Polda Bali dan 1 Peleton Brimob di Poskotis Soka,” ujarnya.

Pihaknya berharap para personel yang melaksanakan pengamanan di TPS agar mempersiapkan fisik dan mental sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Tabanan dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Baca Juga:  Kecelakaan Beruntun di Jalur Denpasar Gilimanuk, Pengendara Motor Tewas Tergilas Truk 

“Para personel diharapkan mempersiapkan fisik dan mental dalam pengamanan di TPS-TPS agar nantinya pelaksanaan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” ujar AKBP Leo Dedy.

Selesai kegiatan apel dilanjutkan dengan pengecekan pasukan oleh Karolog Polda Bali Kombes Pol Drs. I Gede Mega Suparwitha, selaku Kateam Pammatwil untuk memastikan kelengkapan sarana dan prasarana perorangan personil yang melaksanakan Pam TPS. (ana)