22 Orang Sopir Logistik Pemilu Tabanan Dites Urine

22 orang sopir truk yang bertugas mengantarkan logistik surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Tabanan menjalani tes urine pada Sabtu (10/2/2024).
22 orang sopir truk yang bertugas mengantarkan logistik surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Tabanan menjalani tes urine pada Sabtu (10/2/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Sebanyak 22 orang sopir truk yang bertugas mengantarkan logistik surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Tabanan menjalani tes urine pada Sabtu (10/2/2024).

Tes urine ini dilakukan oleh Polres Tabanan di halaman parkir Gudang KPU Tabanan, Jalan Bypass Ir.Soekarno, Kecamatan Kediri. Hasil tes menunjukkan, semua sopir negatif atau bebas dari Narkotika.

Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes mengatakan, tes urine ini bertujuan untuk memastikan para sopir yang bertugas mendistribusikan logistik pemilu bebas dari penggunaan Narkotika, Psikotropika dan obat terlarang lainnya.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Tabanan Galangkan Sosialisasi Kesehatan Kulit Bagi Para Wanita 

“Karena ini logistik utama dan penting maka dilakukan cek urine khususnya kepada para sopir truk yang akan melakukan pendistribusian logistik agar jalannya pendistribusian logistik ini tidak terhambat,” ujarnya.

Selain tes urine, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan juga telah mengecek kondisi kendaraan yang digunakan untuk pengantar semua logistik.

Adapun sesuai jadwal yang telah ditentukan, pendistribusian logistik akan dilakukan selama empat hari untuk empat daerah pemilihan (dapil) yang ada di KabupatenTabanan. Hari ini pengiriman logistik pertama akan dilakukan kedapil 2 yakni Kecamatan Selemadeg Raya dan Pupuan.

Kemudian besok akan dilanjutkan ke dapil 3 yakni Kecamatan Penebel dan Baturiti. Selanjutnya, dapil 4 yakni Kecamatan Kediri dan Marga. Terakhir dapil 1 yakni Kecamatab Tabanan dan Kerambitan.

Baca Juga:  Antrean Truk Pengangkut Sampah Mengular di TPA Mandung

“Logistik ini dari Gudang KPU akan bergeser langsung menuju kantor Desa atau PPS. Untuk atensi para Kapolsek agar mengecek para anggota yang melaksanakan pengamanan dan mengecek kelengkapan yang ada di wantilan atau Kantor Desa,” jelas AKBP Leo.

Sementara itu, Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra mengatakan mulai hari ini hingga 13 Pebruari 2024 dilaksanakan pendistribusian logistik utama yaitu kotak suara dan isinya.

Baca Juga:  Siap Lawan PDIP, Tujuh Partai di Tabanan Berkoalisi di Pilkada 2024

Untuk alur pendistribusian logistik dari Gudang Logistik KPU Tabanan menuju PPS atau Desa yang diangkut dengan menggunakan kendaraan truk box yang dikawal Polisi bersenjata lengkap, sehingga keamanan logistik dipastikan aman.

“Kami pastikan juga pendistribusian ini aman dari faktor cuaca hujan karena telah menggunakan truk box tertutup dan kotak suara serta surat suara dibungkus plastik. Selanjutnya, untuk pergeseran logistik dari PPS ke masing-masing TPS akan dilakukan pada hari-H mulai pukul 06.00 WITA,” ucapnya. (ana)