Hendak Pasang Jaring Ikan, ABK Kapal Jatuh hingga Tenggelam di Pantai Soka 

Pencarian ABK penangkap ikan bernama Ali Syaifuloh yang tenggelam di perairan Pantai Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan pada Selasa (6/2/2024) malam.
Pencarian ABK penangkap ikan bernama Ali Syaifuloh yang tenggelam di perairan Pantai Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan pada Selasa (6/2/2024) malam.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Seorang anak buah kapal (ABK) penangkap ikan bernama Ali Syaifuloh terjatuh dan tenggelam di perairan Pantai Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan pada Selasa (6/2/2024) malam.

Pria asal Banjar Kelapa Balian, Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana itu terjatuh saat menurunkan jaring ikan dari kapal.

Kapolsek Selemadeg Kompol I Nyoman Sugianyar menerangkan, korban yang merupakan ABK Kapal Riski Mubarok berangkat melaut dari Pelabuhan Pengambengan Negara bersama ABK lainnya untuk menangkap ikan sekitar pukul 16.00 WITA.

Baca Juga:  7.520 Warga Kabupaten Tabanan Masih Menganggur

“Sesampai di Perairan Soka sekitar pukul 23.30 WITA, ABK lainnya bermaksud menurunkan jaring untuk menangkap ikan, tiba – tiba terlihat korban terjatuh dari kapal ke laut dan tenggelam,” ujarnya.

Kejadian itu lantas dilaporkan ke Nahkoda kapal dan melakukan upaya pencarian. Namun, korban tidak berhasil ditemukan.

Selanjutnya pada Rabu (7/2/2024) sekitar pukul 11.30 WITA upaya pencarian dan penyisiran dilakukan oleh Satuan Polairud Polres Tabanan bersinergi dengan Basarnas Denpasar, Polsek Selemade, Camat Selemadeg, BPBD Tabanan, Buana Bali Rescue, Tagana SelemadegTabanan, RAPI Selemadeg, dan Pok Nelayan Mina Segara Pantai Soka.

“Pencarian dan penyisiran dilaksanakan dengan menggunakan Rubber Boat / RIB 01 Gilimanuk dan Pesawat Doren Thermal milik Basarnas Denpasar,” ungkap Sugianyar.

Baca Juga:  Kemiskinan Ekstrem di Tabanan Turun, Tersisa 72 Jiwa

Namun, sampai dengan pukul 17.30 WITA, korban tak kunjungan ditemukan dan pencarian dihentikan karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.

“Kami akan lanjutkan pencarian pada Kamis pagi,” ucapnya. (ana)