Sambut Tahun Baru Imlek, 1.500 Lampion Dipasang di Kota Tabanan

Pemasangan lampion di Jalan Gajah Mada, Tabanan, untuk menyambut Tahun Baru Imlek.
Pemasangan lampion di Jalan Gajah Mada, Tabanan, untuk menyambut Tahun Baru Imlek.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Perayaan Tahun Baru Imlek 2575 yang jatuh pada 10 Februari mendatang mulai terasa di Kabupaten Tabanan. Lampu-lampu lampion mulai dipasang di sepanjang Jalan Kota tepatnya Jalan Gajah Mada hingga ke Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan.

Ketua Indonesia Tionghoa (Inti) Cabang Tabanan Ferijanto Chonie mengatakan, lampu lampion yang dipasang ini berjumlah kurang lebih 1.500 buah untuk menyambut Imlek dan juga perayaan Cap Go Meh pada 24 Februari nanti.

“Lampioon akan dipasang sampai perayaan Cap Go Meh. Sementara untuk perayaan Imlek akan dilakukan pada 18 Februari dan dimeriahkan dengan parade busaya dan pertunjukan barongsai,” ujarnya, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga:  82 Warga Binaan Hindu Lapas Tabanan Diusulkan Remisi Khusus Nyepi

Menurut Ferijanto, pemasangan lampion ini sebagai lambang dari keindahan, penerangan serta menunjukan kemakmuran.

Selain itu, untuk mengembalikan Kota Tabanan sebagai kota toleransi. Sehingga seluruh aktivitas perayaan bisa dilakukan dengan aman dan nyaman.

“Dengan pemasangan lampion ini, semoga kita bisa merasakan kemakmuran di bulan Imlek yang penuh berkah. Apalagi Imlek tahun ini berdekatan dengan Hari Raya Galungan dan Nyepi, semoga menjadi berkah yang luar biasa bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait perayaan Imlek di Vihara Darmacatra Tabanan akan dimulai pada 9 Februari 2024 sore dan berlanjut hingga 10 Februari 2024.

Baca Juga:  Permintaan Tinggi Jelang Galungan, Kelangkaan Gas Melon Tak Terjadi di Tabanan

“Umat sudah melakukan berbagai persiapan, mulai dari membersihkan Vihara hingga mempersiapkan sarana ritual,” imbuhnya. (ana)