Mencicipi Sup Salmon Bumbu Bali di Warung Sepek Tabanan, Jadi Incaran Para Bumil

Sup Ikan Salmon di Warung Sepek, Tabanan.
Sup Ikan Salmon di Warung Sepek, Tabanan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Kuliner ikan salmon biasanya identik dengan hidangan mewah yang biasanya dihidangkan di restoran dengan harga yang mahal. Namun ternayata olahan ikan Salmon bisa dijumpai di salah satu warung makanan yang ada di Kabupaten Tabanan.

Warga Tabanan pastinya sudah tidak asing lagi dengan Warung Sepek yang berlokasi di dekat Pasar Umum Tabanan tepatnya di Jalan Melati No 11.

Warung makan yang sudah berdiri sejak tahun 1956 ini sangat terkenal dengan menu soto sapi dan soto babadnya nyatanya juga menyediakan menu Sup berbahan dasar Salmon.

Dengan cita rasa kuah yang ringan dengan daging yang gurih dan manis, tak heran sup ini menjadi incaran para pelanggan.

Pemilik Warung Sepek, Made Suparwa (66) mengatakan, menu olahan salmon ini sudah dijual sejak 10 tahun silam. Awal mula berjualan karena atas saran beberapa orang teman dan pelangannya supaya Warung Sepek memiliki jenis menu olahan selain soto sapi.

Baca Juga:  Diduga Akibat Korsleting Listrik, Mobil Carry Hangus Terbakar di Kediri Tabanan

“Selain itu, saya juga memang memiliki kenalan yang bisa memasok bahan baku, berupa sisa cutting daging salmon dari pabrik pemotongan ikan Salmon yang ada di Kabupaten Tabanan,” jelasnya, Minggu (4/2/2024).

Suparwa mengaku, Karena menggunakan bagian daging Salmon dari hasil dari sisa pemotongan daging salmon di pabrik, maka yang digunakan dalam sup ini adalah bagian sirip dan leher ikan. Namun pria yang akrab disapa Kadek Sepek ini menjamin jika daging salmon dalam sup olahannya masih tebal.

Baca Juga:  Bupati Sanjaya Tunjukan Kolaborasi dalam Musrenbangkab dan Tiga Tahun Kepemimpinan Jaya Wira

“Untuk bumbu, saya gunakan base genep Bali, tapi tidak menggunakan merica dan tidak menggunakan cabai dalam jumlah banyak. Sehingga rasa kuahnya tidak pedas dan tidak amis,” ungkapnya.

Menurutnya, sup olahannya memang sengaja dibuat kuah tidak pedas supaya semua kalangan, baik anak-anak maupun lansia bisa mengonsumsinya.

Selain itu, Sup Salmon ini juga menjadi menu incaran ibu-ibu hamil (bumil) atau sudah menyusui sebagai pendamping asi. “Ibu hamil memang banyak yang datang. Mungkin karena manfaat Salmon yang kaya Omega 3 yang sangat baik untuk ibu hamil,” ucapnya.

Baca Juga:  Masuk Tahap Perencanaan, Lapas Perempuan akan Dibangun di Desa Antap Tabanan 

Sementara, untuk harga paket satu porsi Sup Salmon di Warung Sepek ini dibandrol dengan harga Rp40 ribu. Dengan harga itu, pelanggan sudah bisa menikmati Sup Salmon, satu potong Salmon goreng lengkap dengan sayuran rebus dan dua jenis sambel, yakni sambel merah dan sambel matah, serta nasi putih. Ada juga olahan pepes Salmon dengan harga Rp13 ribu per bungkus.

“Dalam sehari kami bisa menghabiskan daging salmon mentah hingga 10 kilogram untuk diolah menjadi sop salmon, pepes, salmon goreng atau Nasi goreng salmon,” akunya. (ana)