Manfaat Mengonsumsi Daging Salmon untuk Kesehatan Tubuh

Daging Ikan Salmon (Foto : Alodokter)
Daging Ikan Salmon (Foto : Alodokter)

PANTAUBALI.COM – Daging Ikan Salmon sudah dikenal memiliki kandungan protein kualitas tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan gizi Salmon adalah vitamin B kompleks seperti B6, B9 dan B12 yang mengurangi resiko cacat lahir pada bayi.

Kandungan lain yang tak kalah penting yang terkandung dalam Salmon adalah asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Penelitian menunjukkan 100 gram daging ikan salmon memiliki 2,3 gram asam lemak omega-3.

Daging salmon juga bisa diolah dalam berbagai bentuk makanan, baik matang maupun mentah. Seperti di Jepang, Salmon sangat digemari dan sering disajikan mentah dalam menu sushi.

Berikut adalah beberapa manfaat Salmon bagi kesehatan tubuh.

  • Baik untuk jantung

Kandungan asam lemak omega-3 pasa Salmon sangat baik untuk kesehatan jantung. Asam lemak jenis ini adalah lemak tak jenuh yang bisa membantu mengurangi terjadinya peradangan pada seluruh tubuh.

Baca Juga:  Periode Januari-Mei 2024, Kasus DBD di Tabanan Tercatat 1.026, Tiga Orang Meninggal

Untuk diketahui, jika peradangan tidak dikendalikan maka bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, asam lemak omega-3 juga membantu menurunkan trigliserida atau kolestrol jahat dan tekanan darah yang baik untuk membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke.

 

  • Untuk kesehatan kulit dan rambut

Salmon juga baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Hal itu dikarenakan dalam salmon terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sekjaligus dapat menambah kilau dari rambut.

Selain itu, Salmon juga mengandung astaksatin atau pigmen yang memberikan warna merah muda pada daging ikan salmon. Astaksatin merupakan antioksidan tertinggi dalam melawan radikan bebas yang mempu merusak kulit. Bahkan, penelitian menunjukkan kandungan ini dapat meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit.

 

  • Menunjang perkembangan otak
Baca Juga:  Atasi Stres Warga Binaan, Lapas Tabanan Berikan Layananan 'Teh Rina'

Salmon sangat baik untuk perkembangan otak pada anak-anak terutama meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. Kandungan asam lemak omega-3 serta vitamin A, vitamin D dan selenium dapat mencegah kerusakan sistem saraf yang mampu sebagai antidepresan dan menenagkan otak.

 

  • Baik untuk kesehatan tulang

Vitamin D yang terkandung dalam daging Salmon sangat bauk untuk meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan kalsitonin dalam Salmon juga berfungsi meningkatkan kekuatan tulang, yang bisa membantu mencegah terjadinya osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoarthritis.

Baca Juga:  Atasi Stres Warga Binaan, Lapas Tabanan Berikan Layananan 'Teh Rina'

 

  • Menjaga berat badan

Mengonsumsi ikan salmon secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal. Sama seperti makanan berprotein tinggi lainnya, kandungan dalan ikan salmon dapat membantu mengontrol hormon yang mengendalikan nafsu makan dan membuat tubuh merasa kenyang. Selain itu metabolisme tubuh meningkat lebih banyak setelah mengonsumsi makanan kaya protein seperti Salmon, dibandingkan dengan makanan lain.

 

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi daging ikan Salmon. Selain kaya nutrisi yang baik untuk tubuh, Salmon juga salah satu jenis ikan yang lezat dan mudah diolah. Ada baiknya jika mengonsumsi olahan salmon dua porsi per minggu agar membantu tubuh memenuhi nutrisi dan mengurangi risiko beberapa penyakit.