Pemkab Badung Buka Musrenbang RKPD Tahun 2024

Pembukaan Musrenbang RPKD Kabupaten di Kecamatan tahun 2024 di ruangan Kertha Gosana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Kamis (1/2/2024).
Pembukaan Musrenbang RPKD Kabupaten di Kecamatan tahun 2024 di ruangan Kertha Gosana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Kamis (1/2/2024).

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung menggelar pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPKD Kabupaten di Kecamatan tahun 2024 yang dipusatkan di ruangan Kertha Gosana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Kamis (1/2/2024).

Kepala Bappeda Kabupaten Badung I Made Wira Dharmajaya dalam sambutannya menerangkan, pelaksanaan musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan ini, merupakan forum yang sangat strategis yang hasilnya akan dijadikan sebagai bahan pembahasan dalam musrenbang RKPD kabupaten dan sebagai masukan dalam penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2025.

“Dengan bertemakan ‘Penguatan Transformasi Ekonomi Dan Investasi Untuk Peningkatan Daya Saing Daerah’, Musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan ini diharapkan sebagai media penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan kegiatan prioritas pemerintah desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di kecamatan,” terang Wira Dharmajaya.

Baca Juga:  Marak Insiden Siber, Perangkat Pemerintah Kabupaten Badung Dibekali Keamanan Siber 

Ia menjelaskan, prioritas pembangunan daerah kabupaten badung tahun 2025 adalah Pangan, Sandang dan Papan, Kesehatan dan Pendidikan, Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan, Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya dan Pariwisata, Infrastruktur, Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Penataan Ruang, Kawasan Permukiman dan Pengendalian Penduduk Serta Lingkungan Hidup dan Kebencanaan.

“Dengan tema dan prioritas pembangunan daerah Tersebut Saya berharap usulan kegiatan yang menjadi prioritas masyarakat mengarah pada fokus pembangunan daerah tahun 2025, yang meliputi penguatan transformasi ekonomi, investasi daerah, peningkatan daya saing daerah,” jelas Wira Dharmajaya.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Resmikan Masjid Agung Al-Muhajidin Tabanan

Berikutnya Wakil Bupati Badung yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Cokorda Raka Darmawan menyampaikan, dirinya mengapresiasi tema serta prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan tersebut.

“Besar harapan saya bahwa tema serta prioritas pembangunan tersebut dapat menjadi kebijakan berkelanjutan dalam rangka peningkatan stabilitas perekonomian dan daya saing daerah, sekaligus menapak optimisme kita menjawab berbagai dinamika serta tantangan ke depan,” ujarnya dalam sambutan.

Dirinya juga menerangkan, terlebih, RKPD tahun 2025 ini bermakna strategis sebagai pelaksanaan tahun keempat RPJMD semesta berencana kabupaten badung tahun 2021–2026, sehingga performa perencanaan harus dapat menggambarkan implementasi / penjabaran visi dan misi bupati/wakil bupati terpilih melalui program serta kegiatan yang jelas dan terukur dalam kondisi yang terbatas.

“Adapun hasil rumusan yang nantinya akan dapat dihasilkan melalui tahapan musrenbang ini harus linier/sejalan dengan RPJMD semesta berencana kabupaten badung tahun 2021–2026 yang telah ditetapkan dengan peraturan daerah Kabupaten Badung nomor 4 tahun 2021,” imbuhnya.

Baca Juga:  Warga Kelurahan Jimbaran hingga Pelaku UMKM Antusias Ikuti Brewing Passion dan Kelas Barista

Menutup sambutannya sekaligus membuka Musrenbang RKPD tahun 2024 dirinya berharap, hasil Musrenbang tetap optimal dan sesuai arah kebijakan, serta seluruh tahapan Musrenbang berjalan sesuai mekanisme dan tepat waktu. (jas)