Diduga Akibat Dupa, Pohon Beringin di Pura Desa Bale Agung Sanggulan Terbakar

Pohon beringin di area Pura Desa Bale Agung, Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, terbakar pada Minggu (21/1/2024).
Pohon beringin di area Pura Desa Bale Agung, Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, terbakar pada Minggu (21/1/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Sebuah pohon beringin yang berada di area Pura Desa Bale Agung, Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, terbakar pada Minggu (21/1/2024) sekitar pukul 10.00 WITA.

Diduga, percikan api timbul akibat dupa sisa persembahyangan di sekitar pohon beringin yang tumbuh di sisi Utara pura tersebut.

“Diperkirakan karena api dari dupa. Dimana biasanya ada warga yang menghaturkan sesajen di pelinggih di bawah pohon beringin tersebut,” kata Kapolsek Kediri Kompol Ni Komang Sri Subakti.

Baca Juga:  Peluncuran Jingle dan Maskot Pilkada 2024, Bupati Sanjaya Harap Partisipasi Masyarakat Capai 90 Persen

Peristiwa kebakaran ini pertama kali diketahui oleh salah seorang warga yang sedang berjualan di dekat Pura Desa Bale Agung. Melihat kepulan asap yang disertai percikan api dari pohon kayu Beringin, ia langsung memberi tahu warga lainnya.

Kemudian, upaya pemadaman api dilakukan oleh warga setempat dengan menggunakan alat seadanya. Namun, kobaran api tak kunjung padam. Lalu, salah seorang warga menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tabanan untuk memadamkan api.

Baca Juga:  Terduga Pelaku Penganiaan Lansia di Pekutatan Berhasil Diamankan

“Tiga unit mobil damkar kemudian tiba untuk memadamkan api. Namun proses pemadaman api memerlukan waktu yang cukup lama karena api masih menyala di tengah pohon beringin,” tambahnya.

Subakti menyebut, tidak ada korban jiwa maupun kerugian material akibat peristiwa kebakaran ini. “Nihil korban jiwa dan kerugian material,” jelasnya. (ana)