Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Dirjen Imigrasi Resmikan Gedung Kanim Singaraja

Peresmian gedung Kanim Singaraja oleh Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim pada Kamis (18/1/2024).
Peresmian gedung Kanim Singaraja oleh Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim pada Kamis (18/1/2024).

PANTAUBALI.COM, DENPASAR – Pembangunan gedung Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Singaraja telah selesai dan siap memberikan pelayanan Keimigrasian yang lebih baik. Hal ini ditandai dengan diresmikannya gedung Kanim Singaraja oleh Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim pada Kamis (18/1/2024).

Peresmian ini turut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi, Eko Budianto, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Romi Yudianto, Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham Bali, Kepala UPT Keimigrasian Bali beserta Jajaran, Forkopimda Kabupaten Buleleng, serta seluruh Tamu Undangan lainnya.

Pekerjaan pembangunan gedung Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dibagi menjadi 3 (tiga) tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Pada tanggal (17/12/2023) pelaksanaan pembangunan Gedung Kanim Singaraja telah mencapai 100 persen sesuai dengan rencana yang telah tertuang dalam surat perjanjian dan telah dilakukan serah terima.

Baca Juga:  Marak Insiden Siber, Perangkat Pemerintah Kabupaten Badung Dibekali Keamanan Siber 

Berikutnya Silmy Karim menyampaikan harapannya, pembangunan gedung Kanim Singaraja ini dapat mengoptimalkan peran daripada imigrasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik serta memberikan manfaat dan nilai tambah kepada masyarakat.

Selanjutnya dirinya menerangkan, kedepannya pembangunan daripada ekonomi nasional Indonesia di Bali, khususnya di Buleleng jangan sampai tertinggal. Bahwasanya di Bali ini merupakan daerah pariwisata, maka perlu ada penambahan dan peningkatan kualitas pelayanan di bidang keimigrasian untuk menunjang hal tersebut.

“Pembangunan gedung baru Kanim Singaraja ini merupakan upaya kami memberikan pelayanan keimigrasian yang lebih baik untuk masyarakat Bali, karena Bali memiliki keistimewaan dalam hal pariwisata. Diharapkan dengan gedung baru ini, Kanim Singaraja dapat meningkatkan pelayanan dan dapat naik tingkat menjadi Kantor Imigrasi Kelas I,” ucap Silmy.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kanim Singaraja, Hendra Setiawan dalam laporannya menyampaikan proses pengerjaan gedung Kanim Singaraja ini dimulai dari bulan Mei sampai dengan Desember 2023. Hasil dari pekerjaan ini adalah terwujudnya gedung kantor sesuai dengan mutu, biaya dan waktu yang tepat.

Baca Juga:  Tingkatkan Gizi Ibu Hamil dan Cegah Stunting, Program Gemarikan Sasar Desa Cemagi 

“Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Menteri Hukum dan HAM RI dan Bapak Direktur Jenderal Imigrasi karena telah berkenan mengalokasikan anggaran tahun 2023 untuk pembangunan gedung baru kantor sehingga bisa dapat memberikan pelayanan yang layak dan memadai,” ucap Hendra.

Penjabat Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana menyampaikan gedung baru Kanim Singaraja ini sudah menyesuaikan dengan maskotnya “si Raja Melasti”, yaitu Imigrasi Singaraja Melayani Dengan Sepenuh Hati. Dirinya juga menyampaikan, kehadiran pemerintah pada hakekatnya tidak hanya mewujudkan sebuah tata kelola, tetapi bagaimana pelayanan publik itu bisa kita lakukan secara optimal di era digital sekarang ini.

Baca Juga:  Tokoh Golkar Gandeng 8 PK Tabanan, Menghadap Ketua DPD I Golkar Bali

“Tugas pokok fungsi Imigrasi itu adalah menjaga dan mengawal orang yang masuk orang yang tinggal dan orang yang keluar dari negara, sudah sepantasnya kita memberikan dukungan penuh kepada Imigrasi dalam konteks meningkatkan pelayanan,” tegasnya. (jas)