Pemkab Tabanan Gelar Prosesi Nyegara Gunung Dudonan Karya Agung Kantor Bupati Tabanan

Rangkaian Prosesi Nyegara Gunung Karya Agung Kantor Bupati Tabanan yang dilangsungkan di pura Luhur Tanah Lot dan Pura Luhur Batukau, Minggu (14/1/2023).
Rangkaian Prosesi Nyegara Gunung Karya Agung Kantor Bupati Tabanan yang dilangsungkan di pura Luhur Tanah Lot dan Pura Luhur Batukau, Minggu (14/1/2023).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila ikuti rangkaian Prosesi Nyegara Gunung Karya Agung Kantor Bupati Tabanan yang dilangsungkan di pura Luhur Tanah Lot dan Pura Luhur Batukau, Minggu (14/1/2023).

Tujuan upacara ini sebagai wujud terima kasih atas lancarnya rangkaian upacara Ngenteg Linggih di Kantor Bupati Tabanan.

Turut hadir mengikuti rangkaian persembahyangan, yakni  para Asisten, Kepala OPD dan para Camat se-Kabupaten Tabanan yang turut serta mengajak staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, juga para Pemangku dari PSN dan Prawartaka Karya yang senantiasa penuh semangat menyertai rangkaian upacara dudonan Karya Agung ngenteg Linggih yang puncaknya jatuh pada tanggal 27 Desember 2023 tersebut.

Baca Juga:  Tingkatkan Kepuasan Wisatawan, Area DTW Tanah Lot Dilengkapi Tur Audio

Adapun rangkaian upacara ini diawali dengan prosesi mapekeling yang dipimpin oleh Mangku Puseh Desa Adat Kota Tabanan di Padmasana Kantor Bupati Tabanan, dilanjutkan dengan pembersihan sarana prasarana yang akan digunakan untuk Nyegara Gunung.

Sebelum menuju pura Tanah Lot dan Batukaru yang menjadi tujuan Upacara Nyegara Gunung tersebut, Sekda beserta jajaran dan seluruh staf mengikuti persembahyangan bersama  yang berlangsung khidmat.

Baca Juga:  RAT Koperasi Pegawai Negeri Abdi Praja Singasana Jaya Berlangsung Suka Cita

Sekda I Gede Susila dalam kesempatan tersebut sampaikan makna akan upacara Nyegara Gunung ini yang merupakan simbol dari kemakmuran dan sebagai rentetan Karya Ngenteg Linggih, Tawur Panca Wali Krama dan Mamungkah Pelinggihan Ida Bhatara di Kantor Bupati Tabanan. Yang mana upacara ini merupakan wujud ucapan terimakasih kehadapan Ida Bhatara/Tuhan Yang Maha Esa atas lancarnya rangkaian upacara tersebut.

“Ucapan terimakasih kita sekala lan niskala ini, rangkaian upacara ini sudah berjalan dengan baik. Mudah-mudahan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Tabanan bisa kita capai dengan sebaik-baiknya menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani,” ujar Susila.

Baca Juga:  Wujudkan Pembangunan Menyeluruh, Bupati Tabanan Resmikan Jembatan Geluntung - SP. Uma Bali

Di kesempatan yang sama, Jero Mangku Sura Astika sebagai salah satu anggota PSN yang turut ngayah dalam rangkaian prosesi ini menyampaikan esensi rangkaian upacara Dewa Yadnya ini sebagai ucapan terimakasih dan memohon berkat pada Ida Bhatara yang berstana di Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Luhur Batukaru yang harapnya melalui Yadnya ini dapat memberikan kerahayuan dan berkah yang terus mengalir untuk Kabupaten Tabanan.  (rls)