Cara untuk Meredakan Nyeri Perut saat Haid, Kompres Hangat hingga Olahraga

Ilustrasi nyeri perut saat haid. (Foto: Alodokter)
Ilustrasi nyeri perut saat haid. (Foto: Alodokter)

PANTAUBALI.COM – Haid merupakan sebuah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala setiap 1 bulan sekali.

Namun, saat haid seringkali banyak wanita mengeluh dengan rasa nyeri. Sebagian wanita hanya mengalami nyeri ringan, tapi ada juga yang mengalami nyeri yang parah sampai tidak bisa beraktivitas.

Untuk mengurangi nyeri haid tersebut, berikut ada beberapa cara untuk meredakan nyeri haid.

1. Kompres Hangat ke Perut
Mengompres perut dengan sesuatu yang hangat adalah salah satu cara untuk meredakan nyeri haid. Caranya dengan menempelkan botol yang berisi air hangat. Jika tidak memliki botol, kalian juga dapat menggunakaj handuk yang telah direndam air hangat.

2. Minum Air Hangat
Minum air hangat selama haid dapat melancarkan haid. air hangat bisa meredakan nyeri karena dapat merilekskan otot rahim yang kram.

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi
Mengonsumsi makanan bergizi juga bisa meredakan nyeri, karena beberapa vitamin dan mineral dalam makanan bergizi dipercaya dapat meredakan kram.
Vitamin dan mineral tersebut bisa dijumpai dengan memgonsumsi bayam, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian.

4. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri
Yang terakhir, jika cara diatas tidak mampu untuk mengurangi nyeri, maka konsumsilah obat pereda nyeri. Obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) adalah salah satu jenis obat yang efektjf untuk meredakan nyeri, contohnya ibuprofen dan naproxen.

5. Berolahraga
Dengan melakukan aktifitas fisik/olahraga bisa meredakan nyeri. Karena dapat memicu pelepasan endorfin yang merupakan bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh untuk memghilangkan persepsi rasa sakit. Olahraga juga dapat mengurangi setres yang bisa memicu rasa sakit saat haid.

Itulah tadi beberapa cara untuk meredakan nyeri haid. Jika nyeri haid makin parah sehingga semua cara diatas tidak mampu untuk mengatasinya, disarankan untuk memperiksakan diri ke dokter. Karena nyeri haid yang parah bisa saja pertanda adanya kondisi medis yang serius.