Hujan Disertai Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang di Dua Lokasi di Tabanan

Evakuasi pohon tumbang di jalur Denpasar-Singaraja termasuk Banjar Selat, Desa Perean Tengah, Kecamatan Baturiti.
Evakuasi pohon tumbang di jalur Denpasar-Singaraja termasuk Banjar Selat, Desa Perean Tengah, Kecamatan Baturiti.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kabupaten Tabanan pada Minggu (7/1/2024) siang mengakibatkan pohon tumbang di dua lokasi.

Dari informasi yang dihimpun, pohon tumbang pertama terjadi di Banjar Dinas Ole, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga sekitar pukul 14.30 WITA. Pohon jenis Ancak tersebut menimpa Bangunan Bale Subak Uma Tebe dengan kerugian material ditaksir mencapai Rp35 juta.

Kemudian sekitar pukul 15.20 WITA, pohon jenis Suar tumbang di jalur Denpasar-Singaraja termasuk Banjar Selat, Desa Perean Tengah, Kecamatan Baturiti. Kejadian ini mengakibatkan kemacetan selama beberapa menit karena batang pohon melintang di tengah jalan.

Baca Juga:  Hari Raya Waisak, Warga Binaan Umat Budha di Lapas Tabanan Peroleh Remisi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan I Nyoman Srinadha Giri mengatakan, selain karena hujan deras, pohon tumbang juga diakibatkan oleh faktor lain yakni akar pohon yang sudah lapuk sehingga tidak kuat menahan beratnya dahan pohon yang basah diguyur air.

“Karena hujan deras sehingga akar pohon tidak kuat menopang dahan dan ranting,” jelasnya saat dikonfirmasi.

Baca Juga:  Subak Desa Bengkel Tabanan Diresmikan Sebagai Ecohydrology Demonstration Site UNESCO 

Pihaknya telah menerjunkan beberapa orang personil untuk melakukan upaya pembersihan kedua pohon tumbang tersebut. Dan beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Kami juga dibantu oleh masyarakat dan pihak kepolisian selama proses pembersihan,” imbuh Srinadha. (ana)