Wagub Cok Ace Terima Kunjungan Wali Kota Dujiangyan City

Wagub Bali Cok Ace berbincang dengan Wali Kota Dujiangyan City, Zhang Yadan.
Wagub Bali Cok Ace berbincang dengan Wali Kota Dujiangyan City, Zhang Yadan.

PANTAUBALI.COM, DENPASAR – Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati menerima kunjungan Wali Kota Dujiangyan City, Chengdu, Sichuan, RRC beserta jajaran, Senin (27/3/2023) di Ruang tamu Wakil Gubernur Bali.

Wagub Cok Ace didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra, I Ketut Sukra Negara dan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Ida Ayu Indah Yustikarini.

Dalam kunjungannya Wali Kota Dujiangyan City, Zhang Yadan sangat terkesan dengan keindahan alam dan budaya Bali. Ia menyampaikan bahwa Bali merupakan salah satu tempat favorit yang selalu ingin dikunjungi oleh masyarakat Chengdu. Bahkan menurutnya  Chengdu sangat mirip dengan Bali dimana memiliki pesona daya tarik tersendiri khususnya dalam keindahan alam dan lingkungan.

Baca Juga:  Pemilik Lupa Matikan Kompor, 2 Unit Dapur di Denpasar Ludes Terbakar

“Ada yang bilang kalau sudah ke Chengdu mereka tidak ingin pulang,” ungkapnya.

 

Sementara itu Cok Ace menyampaikan bahwa hubungan antara Bali dan Tiongkok sudah terjalin sejak lama.

“Hubungan Bali dengan Tiongkok secara historis sangat dekat khususnya di bidang kebudayaan bahkan saat ini warisan budaya Tiongkok masih kita gunakan dan lestarikan,” ungkapnya. Menurut Cok Ace, Tiongkok memberikan pengaruh yang kuat dalam kebudayaan Bali hingga menimbulkan akulturasi dalam kebudayaan Bali.

 

Baca Juga:  IJTI Bali Sesalkan Larangan Peliputan Acara People's Water Forum 

Disamping itu Tiongkok merupakan salah satu negara penyumbang wisatawan mancanegara terbanyak ke Bali sebelum pandemi Covid-19.

“Dulu sebelum Covid, Tiongkok dan Australia bersaing menjadi wisman terbanyak bahkan wisman Tiongkok mencapai 1,2 juta wisman per tahun,” ungkap Cok Ace.

Sementara saat ini jumlah kunjungan wisman Tiongkok pasca pandemi mulai meningkat walaupun jumlahnya jauh di bawah ketika sebelum pandemi Covid-19 namun penerbangan internasional Bali dan Tiongkok telah dibuka melalui Xiamen Airlines yang telah memiliki jadwal penerbangan regular sejak Maret 2023.

Baca Juga:  Pemilik Lupa Matikan Kompor, 2 Unit Dapur di Denpasar Ludes Terbakar

 

Wisata unggulan wisatawan asal Tiongkok mayoritas adalah wisata pantai dan budaya.

“Wisata budaya karena banyak kaitannya dengan budaya Tiongkok sehingga menjadi daya tarik sendiri untuk wisman Tiongkok,” imbuh Cok Ace.

Sementara itu terkait wisata alam daerah yang sering dikunjungi adalah Ubud dengan destinasi utama antara lain Monkey Forest, Ubud Art Market dan Puri Saren Ubud. Sementara itu, Cok Ace tidak lupa menawarkan untuk bertandang ke Puri Ubud seraya berjanji akan menghubungi penglingsir puri untuk dapat menerima kunjungan Walikota Dujiangyan City dan jajarannya. (agn)