BPBD Tabanan Tangani 30 Kejadian Bencana Alam, Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Penangan pohon tumbang menimpa rumah warga di Desa Riang Gede, Penebel, Tabanan, Minggu (26/2/2023).
Penangan pohon tumbang menimpa rumah warga di Desa Riang Gede, Penebel, Tabanan, Minggu (26/2/2023).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan mencatat ada 30 kejadian bencana alam selama periode Januari-Februari 2023 akibat cuaca ekstrem.

Kepala Pelaksana BPBD Tabanan, I Nyoman Srinadha Giri mengatakan, kejadian bencana alam itu merata terjadi di 9 kecamatan di Tabanan, mulai pohon tumbang, tanah longsor, hingga puting beliung. Kerugian material ditaksir mencapai Rp410 juta.

“Bencana alam mengakibatkan beberapa pura rusak, rumah, serta bangunan lainnya,” ujar I Nyoman Srinadha Giri, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga:  Pasukan TEMPUR Ambil Formulir Pendaftaran Bakal Calon Wakil Bupati ke Kantor DPC PDIP

Ia menyebut wilayah berpotensi rawan bencana longsor, yaitu di Kecamatan Baturiti, Penebel, Pupuan dan Selemadeg Barat. Sedangkan banjir di Kota Tabanan dan wilayah Kediri.

Rawan bencana pohon tumbang berada di sepanjang alan nasional. Di antaranya, Selemadeg Barat, Selemadeg, dan Selemadeg Timur, Jalan Singaraja-Denpasar daerah Baturiti. Sementara angin puting beliung merata di semua wilayah Tabanan.

Baca Juga:  Kunjungan Wisata ke Tanah Lot Normal Usai Idul Fitri dan Libur Panjang

“Sejauh ini penanganan bencana alam masih dilaksanakan secara kolaboratif. Misalnya, penanganan fisik infrastruktur yang rusak akan ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum. Sementara penanganan kemanusiaan hingga logistik pasca bencana ada Dinas Sosial, PMI dan lainnya,”ungkapnya.

Mewaspadai potensi bencana pada Maret 2023, BPBD Tabanan mendorong pemerintah desa ikut andil dalam mitigasi bencana alam.

Baca Juga:  Permintaan Genteng Pejaten Masih Tinggi, Produksi Terkendala Bahan Baku

“Di Tabanan sudah terbentuk desa tangguh bencana, khususnya di desa rawan bencana alam. Salah satunya Desa Beraban, Desa Belalang, Desa Pangkung Tibah di Kecamatan Kediri. Lalu Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan,” jelas Srinadha Giri.

Srinadha juga mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan khususnya  yang tinggal di kawasan rawan bencana. (ana)