Ini Langkah Dinas Perpustakaan dan Arsip Tabanan Tumbuhkan Minat Baca Anak

Kadis Perpustakaan dan Arsip Tabanan, I Wayan Sugatra menemani siswa membaca.
Kadis Perpustakaan dan Arsip Tabanan, I Wayan Sugatra menemani siswa membaca.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tabanan manfaatkan perpustakaan keliling dalam upaya  menumbuhkan minat baca  anak SD dan masyarakat umum khususnya di pedesaaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Tabanan, I Wayan Sugatra mengatakan, minat baca penting dalam upaya menambah wawasan, meningkatkan perkembangan intelektualitas, integritas, motorik anak didik serta masyarakat umum dalam menghadapi persaingan ke depan.

“Kami harus hadir mendampingi anak-anak karena hal tersebut sangat penting dan perlu dilakukan.Maka akses sangat perlu lebih ditingkatkan kembali untuk wahana berkaitan dengan peningkatan minat baca ini”, jelasnya saat ditemui di Desa Penebel, Tabanan.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Angkat Potensi Teh Gobo Desa Bongan

Menurutnya, peningkatan minat baca selain mengedukasi akan mampu mengembangkan kreativitas anak didik dan masyarakat umum di desa.

“Akses ini tidak tertutup untuk anak-anak saja, tapi juga kepada orang dewasa. Untuk buku bacaan bersifat umum sehingga mampu memberi literasi berbasis kesejahteraan masyarakat,”ungkapnya.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Tabanan telah memiliki 12 ribu macam koleksi buku bacaan.

“Kami telah memiliki 12 ribu macam koleksi buku bacaan mulai novel, edukasi, ilmu pengetahuan, cerita, serta buku-buku bacaan lainnya,”ucapnya. (agn)