Cegah Permainan Harga Bahan Pokok, Polisi ‘Pelototi’ Pasar Cokroaminoto

Petugas Polsek Denpasar Utara menyampaikan pesan kamtibmas ke pedagang Pasar Cokroaminoto.
Petugas Polsek Denpasar Utara menyampaikan pesan kamtibmas ke pedagang Pasar Cokroaminoto.

PANTAUBALI.COM, Denpasar – Guna mencegah permainan harga kebutuhan pokok, Unit Samapta Polsek Denpasar Utara melaksanakan patroli ke Pasar Cokroaminoto (eks Tiara Grosir), Denpasar, Selasa (21/2/2023) siang.

Berdasarkan analisa Intelijen Polsek Denpasar Utara mensinyalir adanya permainan harga kebutuhan pokok demi meraup keuntungan besar yang dilakukan tengkulak maupun pedagang di pasar-pasar tradisional.

“Permainan itu menyebabkan harga kebutuhan pokok menjadi tidak stabil,”ujar Kapolsek Denpasar Utara Iptu I Putu Carlos Dolesgit.

Baca Juga:  Triwulan I 2024, Kunjungan Wisatawan ke Bali Capai 1,3 Juta Orang

Petugas Samapta memantau transaksi jual beli dan melakukan sambang dialogis ke para pedagang dan pengunjung, serta pengguna jasa di Pasar Cokroaminoto.

Polisi mengingatkan kepada para pedagang upaya memanipulasi serta memainkan harga bahan pokok merupakan pelanggaran hukum.

“Kami juga menyasar pasar modern, agen-agen, distributor, dan penyedia bahan pokok di Kecamatan Denpasar Utara,” ungkap Carlos Dolesgit.

Ia menegaskan, patroli dilakukan guna meminimalisir adanya lonjakan kenaikan harga sembako dan permainan harga oleh oknum yang ingin mencari keuntungan pribadi.

Baca Juga:  Antisipasi Kejahatan Malam Hari Lebaran, Polda Bali Intensifkan Blue Light Patrol

“Patroli sambang terus kami lakukan untuk mencegah adanya upaya pelanggaran,”tegasnya. (kom)