Pemkab Tabanan, Dukung dan Apresiasi Pembukaan Kolaborasi Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri Tahun 2022

32

TABANAN – Pantaubali.com – Mewakili Bupati Tabanan, Sekda I Gede Susila, S.Sos.,M.Si, menghadiri Upacara Pembukaan Kolaborasi Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri T.A 2022 yang berlangsung di lapangan Wira Yuda Bakti Rindam IX Udayana, Senin pagi (12/12).

Upacara pembukaan tersebut dihadiri oleh Pangdam IX Udayana beserta jajaran, Kapolda Bali beserta jajaran, Dandim 1619/Tabanan serta Kapolres Tabanan dan Disdik Tabanan, serta jajaran Forkopimda Tabanan. Pendidikan yang terintegrasi ini merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan sumber daya manusia di TNI maupun Polri yang profesional.

Dalam arahannya, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto yang saat itu bertindak sebagai Inspektur Upacara menjelaskan, kolaborasi Diklat Integrasi Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri adalah tindak lanjut penandatanganan kerjasama antara TNI Angkatan Darat dan Polri.

“Output yang diharapkan dari kolaborasi integrasi dan sinergi yang kuat dalam mewarnai institusi TNI dan Polri sebagai alat negara terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia” Tegas Mayjen Sonny.

Pihaknya pun menekankan, untuk mempererat rasa kebersamaan, kegiatan ini mengutamakan warga asli dari TNI dan Polri yang diharapkan dapat memberikan hasil dan dampak positif bagi soliditas dan sinergitas TNI dan Polri.

“Untuk itu, saya minta kepada seluruh Bintara Siswa agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh kebanggaan dan kebersamaan dan semangat, kepada Para Bintara Siswa, saya ucapkan selamat berinteraksi” lanjutnya.

Adapun awal dimulainya rangkaian kegiatan ini ialah dalam bentuk latihan kolaborasi untuk peserta didik Dikmaba TNI AD, AL, AU dan peserta Diktukba Polri yang akan dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 12 hingga 16 Desember 2022 dengan jumlah peserta didik yang tergabung sebanyak ribuan peserta.

Baca Juga:  Lansia Dilaporkan Hilang Ditemukan Meninggal di Sungai

Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, selaku Kapolda Bali dalam sambutannya membacakan amanat Kalemdiklat Polri yakni pengenalan doktrin matra, pengenalan fungsi matra, perbantuan TNI kepada Polri dan perbantuan Polri kepada TNI, operasi bersama TNI-Polri, dan kegiatan yang mendorong terwujudnya sinergisitas dan soliditas melalui integrasi TNI-Polri.

“Kegiatan tersebut diharapkan mampu menguatkan sinergisitas antara TNI – Polri sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan nasional,” ungkap Irjen Putu Jayan.

Kepada para peserta didik pihaknya berpesan agar melaksanakan dan mengikuti rangkaian kegiatan dengan penuh semangat dan keikhlasan, guna menjalin persahabatan antar rekan-rekan TNI-Polri sehingga mampu meningkatkan peran nyata dalam kerja sama dan kolaborasi antara TNI-Polri. Kegiatan kolaborasi ini menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan sinergisitas melalui kegiatan-kegiatan yang membangun rasa kebersamaan, kekompakan dan kesetiakawanan.

Menanggapi diselenggarakannya pendidikan terintegrasi ini, Sekda Susila yang kala itu mewakili Pemkab Tabanan, sampaikan apresiasinya dan tak lupa berikan semangat bari para peserta didik yang akan menjalani pendidikan.

“Mari kita jadikan momentum ini untuk bersama-sama memupuk kekompakan dan kesetiakawanan, saling bahu membahu menjaga kekuatan dan pertahanan negara, tetap bersemangat menjalani pendidikan hingga saat bertugas nanti”, pungkasnya.