Provinsi Bali Raih Provinsi Terbaik dalam Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Wilayah Jawa-Bali

JAKARTA – Pantaubali.com -Provinsi Bali meraih peringkat pertama pada Championship TP2DD 2022 Tingkat Provinsi untuk Wilayah Jawa-Bali yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia di Hotel Le Meridien – Jakarta, Selasa (Anggara Umanis, Wariga) 6 Desember 2022.

Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati mewakili Pemerintah Provinsi Bali menerima penghargaan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Championship Tahun 2022. Provinsi Bali dinobatkan sebagai Provinsi dengan Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Terbaik, mengungguli Provinsi DKI Jakarta dan DI Yogyakarta yang masing-masing berada di peringkat ke-2 dan ke-3.

Mengusung tema ‘Akselerasi Digitalisasi Transaksi Pemda Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Pengelolaan Keuangan yang Lebih Akuntabel’. TP2DD Championship 2022 ini merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat terhadap kerja nyata pemerintah daerah dalam upaya percepatan dan perluasan digitalisasi di daerahnya.

Seperti diketahui TP2DD dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2021 tentang Pembentukan Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) yang bertujuan untuk mendorong implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) guna meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah, mendukung tata kelola dan pengintegrasian sistem pengelolaan keuangan daerah dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah. Disamping juga bertujuan untuk mendukung pengembangan transaksi pembayaran digital masyarakat, mewujudkan keuangan yang inklusif serta peningkatan integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional.

Dalam Rapat Koordinasi yang di buka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartanto serta dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali juga turut memperoleh penghargaan sebagai Bank RKUD Terbaik dan Kabupaten Buleleng juga memperoleh peringkat terbaik 1 (satu) TP2DD Tingkat Kabupaten.

“Saya berharap dukungan Gubernur, Bupati dan Walikota dapat menjadikan P2DD ini menjadi lebih besar dan penting,” ujar Airlangga Hartarto.

Dengan adanya Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) ini diharapkan dapat melakukan upaya-upaya konkrit untuk bersama-sama mensukseskan program percepatan digitalisasi daerah demi mewujudkan Indonesia terkoneksi makin digital, makin maju.