Gathering Bersama Wakil Menteri Luar Negeri Republik Ceko, Wagub Bali Berharap Perkuat Hubungan Bali-Ceko Kedepan

21

DENPASAR – Pantaubali.com – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menghadiri Gathering and Cocktail Reception bersama Wakil Menteri Luar Negeri Republik Ceko H.E Martin Tlapa di Griya Santrian Resort and Spa Sanur, Denpasar, Rabu (7/12) petang.

Acara tersebut juga dirangkai dengan Pembukaan pameran foto yang menampilkan kiprah Republik Ceko dalam organisasi multilateral Uni Eropa.

Wagub Cok Ace dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa acara ini adalah sebuah Kehormatan besar sekaligus mengucapkan rasa terima kasihnya.

“Terimakasih atas acara yang luar biasa ini. Selamat datang di Bali, semoga memberikan kesan terbaik pada Anda (Wamen Luar Negeri Republik Ceko, red) dan memberikan efek baik pula dalam hubungan dua negara,” ucap, Wagub Cok Ace.

Pria yang juga Guru Besar ISI Denpasar ini juga mengharapkan Kedatangan Wakil Menteri bisa mengangkat lagi pengetahuan masyarakat Republik Ceko tentang Pulau Dewata serta memperkuat keberadaan Komunitas Warga Ceko di Bali.

“Agar masyarakat Ceko bisa lebih banyak lagi yang menikmati Bali dalam waktu-waktu kedepannya,” tutur Wagub.

Sementara itu Wamen Luar Negeri Ceko H.E Martin Tlapa menyebutkan, dalam tahun-tahun terakhir ini makin banyak warga Ceko yang datang ke Bali baik untuk berlibur maupun bekerja.

“Saya sangat senang apalagi Bali sangat baik sekarang setelah berakhirnya pandemi. Senang bisa kembali dan melihat ekonomi kembali pulih. Orang orang kembali beraktivitas,” katanya menyinggung kedatangan keduanya ke Pulau Dewata

Wamen Tlapa juga mengatakan warga Ceko sangat senang berada di Bali dan ia melihat hubungan Ceko dengan Indonesia sangat baik.

“Juga tentang ajang Bali Democracy Forum (BDF) sangat baik dan merupakan diplomasi sangat kuat bagi Indonesia.Saya juga melihat potensi kerjasama ekonomi yang sangat besar kedepannya. Kesempatan untuk (mengembangkan,red) ekonomi hijau, infrastruktur dan sebagainya,” imbuhnya lagi.

Baca Juga:  Wagub Bali Meminta Pengembangan Potensi Pariwisata Tidak Melupakan Keberadaan dan Keterlibatan Warga Lokal Bali

Dalam acara yang berlangsung cukup santai tersebut, Wagub Cok Ace yang hadir bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho tersebut terlibat diskusi ringan terkait, investasi, pengembangan ekonomi hingga pariwisata yang melibatkan kedua negara. Juga terkait kehadiran Republik Ceko dalam acara Bali Democracy Forum (BDF) 2022 yang dihelat pekan ini.

Wagub Cok Ace juga disambut Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Doleček dan Ketua Yayasan Pembangunan Sanur, sekaligus Konsul Kehormatan Republik Ceko Ida Bagus Gede Sidharta Putra.